Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
repositori
eproduk
Kalender Tanam

Video Inovasi

Video Lainnya

Waktu Banten

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday287
mod_vvisit_counterYesterday488
mod_vvisit_counterThis week287
mod_vvisit_counterLast week3692
mod_vvisit_counterThis month287
mod_vvisit_counterLast month15296
mod_vvisit_counterAll days401756


Aplikasi Dapok di KebunPercobaan Singamerta PDF Cetak E-mail
Oleh Rika JM   
Kamis, 29 Januari 2015 15:27

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian melalui kegiatan Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) padi berupaya memproduksi benih padi dengan sistem pemanfaatan mekanisasi. Salah satu mesin yang popular dan mudah dalam pengaplikasiannya yaitu mesin transplanter. Mesin hasil rekayasa Balai Besar Mekanisasi Pertanian ini digunakan untuk menanam bibit padi. Khusus kegiatan perbenihan padi, maka yang digunakan adalah transplanter jajar legowo 2:1. Sebelum transplater diterjunkan ke sawah, perlu diperhatikan tentang persiapan bibit yang akan digunakan. Tujuannya untuk memperlancar penanaman bibit secara otomatis.

Dapok, adalah inovasi yang ditawarkan Balai Besar Padi sebagai media persemaian benih padi. Dapok berbahan dasar dari keyu (Reng) dengan ukuran 18 cm x 56 cm. Media berbentuk persegi panjang dalam satu set berisikan 8 (delapan) kolom. Dapok dapat digunakan langsung di sawah ataupun lahan kering. Hal yang perlu diperhatikan yaitu saat sebelum benih disebar, perlu disiapkan plastik yang telah dilubangi yang berfungsi sebagai alas dapok.

Inovasi ini telah diterapkan di Kebun Percobaan Singamerta. Benih padi yang telah disemai yaitu varietas mekongga kelas BS dan FS. Varietas ini rencananya akan ditanam di sawah KP. Singamerta pada musim tanam I. Pembuatan dapok melibatkan teknisi dan mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Porfesi (KKP). Selain kegiatan tersebut, dalam rangka pengembangan SDM telah dilaksanakan pelatihan/uji transplater dengan luas 3.000 m2. Pelatihan dilaksanakan pada Rabu, 28 Januari 2014. Harapan dari rangkaian pelaksanaan kegiatan adalah peningkatan keterampilan teknisi, sekaligus aplikasi inovasi Balitbangtan serta mendukung tercapainya target UPBS Padi BPTP Banten

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com