Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
eproduk
Kalender Tanam

Video Inovasi

Video Lainnya

Waktu Banten

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday28
mod_vvisit_counterYesterday535
mod_vvisit_counterThis week1044
mod_vvisit_counterLast week3483
mod_vvisit_counterThis month11614
mod_vvisit_counterLast month14926
mod_vvisit_counterAll days366730


Temu Lapang PSDSK Kabupaten Tangerang Tahun 2014 Diselenggarakan dengan Sukses PDF Cetak E-mail
Oleh Asep Wahyu dan Rika Jayanti Malik   
Rabu, 19 November 2014 15:38

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten pada 18 Nopember 2014 melaksanakan Temu Lapang untuk Kegiatan Program Swasemdana Daging Sapi / Kerbau (PSDS/K) di Kelompok “Bina Karya” Desa Cileles, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Peserta yang hadir sebanyak 80 orang terdiri atas tim pendamping PSDS/K BPTP Banten, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Danan Peternakan (Distanak) Kabupaten Tangerang serta petani ternak sapi potong lingkup Desa Cileles. Narasumber yang menyampaikan materi seputar perbibitan sapi potong dan ruang lingkup pendampingan PSDS/K yaitu : 1) Peneliti BPTP Banten,  drh. Eko Kardiyanto; 2) Penyuluh BPTP Banten, Rika Jayanti Malik, SST; dan 3) Kepala Bidang Peternakan Peteranakan Distanak Kabupaten Tangerang, Parihin, MM.

Beberapa kunci keberhasilan perbibitan sapi potong yang disampaikan dalam materi Temu Lapang antara lain terletak dari pencatatan yang tertib mengenai kondisi reproduksi ternak sapi potong betina. Selain itu ciri birahi dan ketepatan waktu mengawinkan sapi merupakan hal utama yang perlu diperhatikan oleh peternak. Pemilihan bibit yang baik untuk dijadikan indukan tidak terlepas dari dari kondisi ternak yang sehat, baik penampilan maupun organ dalam tubuhnya. Dalam materi ini juga disampaikan bahwa Distanak Kabupaten Tangerang telah memiliki Unit Layanan Inseminasi Buatan Dan Kesehatan Hewan yang melayani kebutuhan peternak.

Kegiatan pendampingan PSDSK tahun anggaran 2014 oleh BPTP Banten meliputi: 1) Sosialisasi dan koordinasi dengan instansi terkait pengembangan ternak ruminansia besar, dan 2) Introduksi teknologi pakan serta pengolahan limbah ternak. Pendampingan yang dilaksanakan selama ini adalah berupa :

  • Pengolahan limbah dengan cara pembuatan pupuk organik menggunakan bahan dekomposer M-Dec, Orgadek padat, Orgadek cair dan Promi;
  • Perlakuan pakan menggunakan campuran konsentrat, ampas tahu dan urea mollasess block diketahui bahwa ternak yang diberikan pakan tambahan UMB mampu memperoleh pertambahan bobot badan harian ± 600 gram/hari;
  • Pemanfaatan pupuk organik dengan cara integrasi searah dengan tanaman sayuran;
  • Anak sapi pedet yang dihasilkan dalam 1 tahun adalah sebanyak 5 ekor;
  • Inseminasi buatan dengan keberhasilan mencapai ± 60 %.
LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com