JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Daya Tarik Comin Blok pada Ekspose Teknologi Kegiatan Kontes Kerbau di Kab. Pandeglang

Daya Tarik Comin Blok pada Ekspose Teknologi Kegiatan Kontes Kerbau di Kab. PandeglangBPTP Banten sebagai unit lembaga dengan salah satu tupoksi  diseminasi teknologi pertanian,   konsisten dalam upaya peningkatan produksi pertanian, termasuk di dalamnya upaya peningkatan produksi ternak.

Terkait dengan hal tersebut, BPTP Banten berpartisipasi pada Kontes Ternak Kerbau dan Pameran Pertanian dan Peternakan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kab. Pandeglang tanggal 24 Agustus 2017  bertempat di halaman Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Cibaliung tepatnya di Desa Sukajadi Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang. BPTP Banten berpartisipasi dalam hal Ekspose Teknologi terkait peternakan dan menjadi juri pada Kontes Ternak Kerbau.

Maksud penyelenggaraan acara ini sebagaimana diungkapkan Pihak Panitia adalah sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peternak tentang peningkatan produksi ternak.

Kegiatan Kontes Ternak Kerbau  diikuti oleh peternak kerbau dari kecamatan Cisata, Cibaliung dan Saketi. Kategori yang diperlombakan adalah bakalan betina, indukan betina dan pejantan. Juri  kontes ini diketuai oleh Drh. Eko Kardiyanto dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten, dan  anggota juri dari Bagian Pembibitan Ternak Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang .   Juara lomba untuk kategori bakalan adalah ternak yang berasal dari Kec.  Cibaliung, kategori pejantan diraih oleh ternak dari Kec.  Saketi, dan  kategori indukan betina diraih oleh ternak dari Kec.  Cibaliung.

Pada area pameran,  stand BPTP Banten menampilkan Teknologi peternakan berupa demonstrasi pembuatan  Comin Block yaitu suplemen makanan ternak serta informasi Teknologi peternakan lainnya berupa leaflet dan booklet. Bupati Pandeglang hadir pada acara ini sangat terkesan dengan adanya demonstrasi pembuatan Comin Block tersebut.

Comin Blok adalah  pakan imbuhan padat mineral untuk menjamin ketersediaan mineral yang dibutuhkan ternak ruminansia.  Keunggulan Comin Blok adalah:

1) Mudah dalam pemberian mineral,

2) Meningkatkan kinerja ternak, dan

3) Mencegah kelainan metabolisme tubuh sebagai akibat kekurangan mineral.

Pada acara kontes ternak ini pengunjung yang hadir berasal dari peternak dari berbagai  kecamatan di Kabupaten Pandeglang dan  masyarakat sekitar yang bukan peternak.