JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Penyuluh dan Peneliti BPTP Banten Kunjungi TSEP BB Mektan Menyongsong Program Perbenihan Hortikultura

Penyuluh dan Peneliti BPTP Banten Kunjungi TSEP BB Mektan Menyongsong Program Perbenihan HortikulturaPenerapan mekanisasi pertanian dalam usaha tani hortikultura merupakan salah satu bentuk transformasi pertanian menuju moderenisasi yang dicirikan dengan mobilitas tinggi, efisiensi dalam penggunaan sumberdaya dan teknologi serta mampu menghasilkan output yang berkualitas dan bernilai tambah dan berdaya saing tinggi.

Pemerintah saat ini mencanangkan program perbenihan untuk hortikultura dengan prioritas utama benih bawang merah, cabai dan bawang putih.

Mendukung kegiatan perbenihan hortikultura tersebut, para penyuluh dan peneliti BPTP Banten menghadiri open house Galeri TSEP (Taman Sains Enjiniring Pertanian) di BB Mektan Serpong. Rombongan penyuluh dan peneliti BPTP Banten melihat peragaan alat-alat mesin pertanian dipandu oleh guide BB Mektan, diantaranya adalah :

1. Mesin Pencampur Tanah (Mixer)

Fungsi dan keunggulan alat ini adalah mencampur dan mengaduk tanah dengan mudah dan cepat, hasil proses campuran merata, ekonomis dan lebih murah dari tenaga manusia

2. Alat Penebar Benih

Alat ini merupakan solusi penyiapan persemaian benih cabe dan bawang merah secara cepat, tepat dan efisien. Digunakan untuk pesemaian berbagai macam benih hortikultura dan biji. Alat ini memiliki 4 spesifikasi yaitu : Chain pot, dapok, seeder dan obler.

3. Pneumatronic Seedling Machine For Shallot, Garlic and Chili Pepper

Alat ini merupakan solusi penyiapan pesemaian benih cabe dan bawang merah secara cepat, tepat dan efisien. Fungsi dan keunggulannya adalah pengambilan benih sangat presisi, bekerja ganda (double action) sehingga kecepatan tinggi serta full otomatis, sehingga bekerja lebih nyaman

4. Smart Green House

Fungsinya yaitu : Sebagai rumah tanamandimana iklim mikro yang dibuttuhkan tanaman sebagai syarat tumbuhnya dapat dikendalikan. Sedangkan keunggulannya dapat diakses menggunakan smartphone berbasis android.

5. Alat Pembuat Alur Tipe Rotari Ganda

Fungsi alat ini adalah membuat alur pada lahan kering yang sudah diolah, membentuk guludan yang bisa digunakan sebagai tempat tanam bawang merah atau tanaman sayuran lain. Keunggulannya adalah efisiensi waktu dalam penyiapan lahan dan efisiensi tenaga kerja.

6. Alat Tanam Benih

Untuk menyiapkan dan membuat bedengan dan guludan dengan lebar guludan 50 – 75 cm dan tinggi 15 – 25 cm, yang akan digunakan penanaman tanaman hortikultura khususnya cabai merah. Implemen penggulud ditarik oleh traktor roda 2 dengan kapasitas kerja tinggi sekitar 7 jam per hektar. Ukuran implemennya kecil sehingga mudah dioprasikan dilahan yang sempit dan biaya pembuatan guludan lebih murah dibandingkan secara manual.

7. Alat pemasang mulsa plastic.

Fungsinya memasang mulsa diatas guludan untuk penanaman hortikultura terutama cabai merah, keunggulannya adalah efisiensi waktu dalam penyiapan lahan dan efisiensi tenaga kerja.