JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peningkatan Kapasitas SDM menuju Penyediaan Komoditas Hortikultura Berkelanjutan

Peningkatan Kapasitas SDM menuju Penyediaan Komoditas Hortikultura BerkelanjutanBPTP Banten senantiasa berkomitmen dalam penyediaan pangan secara berkelanjutan.  Cabai merupakan salah satu komoditas strategis yang tingkat ketersediaannya terkadang  memberikan pengaruh fluktuatif terhadap harga. Untuk itu, segala upaya menuju kecukupan penyediaannya ditempuh pemerintah, termasuk peningkatan kapasitas SDM petani cabai melalui kegiatan pelatihan.

Bertempat di Keamatan Malimping, Kabupaten Lebak, Selasa 19 September 2017 BPTP Banten menyelenggarakan  pelatihan teknologi budidaya cabai dan pengendalian hama dan penyakit cabai.  Materi pelatihan disampaikan oleh  Narasumber dari Peneliti BPTP Banten, Ir. Resmayeti, MSi dan Silvia Yuniarti, SP, MP.

Pelatihan diikuti oleh 80 peserta yang merupakan petani dan penyuluh dari 7 (tujuh) kecamatan di Kabupaten Lebak sebagai wilayah pengembangan kawasan cabai, yaitu Kecamatan Malimping, Gunung Kencana, Cibeber, Cijaku, Wanasalam, Panggarangan, dan Banjarsari.

Acara dibuka oleh Kasie Hortikultura, Irwan Riyadi, SP, MA  mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak dengan didampingi oleh Kasie Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) BPTP Banten ST. Rukmini, SP, M.Si, dan Kepala BP3K Kecamatan Malimping Asep Agus Sofyan, STP, MA.


Luas pengembangan tanaman cabai di Kabupaten Lebak untuk tahun 2017 adalah 75 hektar yang tersebar pada 7 (kecamatan) seperti tersebut di atas. Sebagian petani sudah menanam cabai dan sebagian lagi sedang penyiapan lahan.

Dalam pelatihan tersebut, peserta  sangat antusias menyimak setiap materi yang disampaikan dan terjadi diskusi interaktif antara petani dengan pemateri. Umumnya, petani memperdalam pembahasan pada pengendalian hama dan penyakit pada tanaman cabai.