JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Banten Launching Program Penyangga Pangan Kota Besar

Banten Launching Program Penyangga Pangan Kota BesarLaunching berlangsung di Desa Pagintungan, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, yaitu di lokasi Kelompok Tani "Mekar Tani 1".

Dari unsur Pusat: Kepala Badan Litbang Pertanian hadir mewakili Bapak Menteri Pertanian RI, dan Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Pengembangan Bioindustri.

Dari Pemda, hadir Kadistan Provinsi Banten mewakili Gubernur Provinsi Banten,  dan Bupati Serang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Serang.

Selain itu, hadir pula  Pejabat Eselon 2 lingkup Kementan: Kepala BBP2TP, Direktur Alsintan Ditjen PSP, Kapuslitbangnak, Perwakilan BKP, Biro Perencanaan, Direktorat Pakan, PKH, dan lain-lain.

Tamu undangan lainnya dalam acara ini: Kapolda Banten, Danrem 064 MY, Dandim Serang dan Tangerang, Distan Kabupaten Serang, Dekan Fakultas Pertanian Unpad, Untirta, Kapolres Kab. Serang, Camat Jawilan, Kades Jawilan serta petani dan penyuluh wilayah setempat.

Banten Launching Program Penyangga Pangan Kota BesarDari unsur swasta, hadir  Sekjen GPMT, PT. SHS, PT. Pertani, dan PT. Jafpa Comfeed.

Rangkaian acara dalam kegiatan ini adalah Tanam, Panen, dan Pembelian Jagung oleh PT. Jafpa Comfeed dan PT. Chaoren Phokpand Indonesia.  Selanjutnya acara dilanjutkan di tenda dengan mendengarkan sambutan Selamat Datang dari Bupati Serang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Serang dan Sambutan Gubernur Banten yang diwakili oleh Kadistan Provinsi Banten yang menyampaikan bahwa target pertanaman jagung untuk Provinsi Banten adalah seluas 128 ribu ha, dan telah tercapai seluas 85 ribu hektar.

Selanjutnya Kepala Badan Litbang Pertanian  menyampaikan arahan Bapak Menteri Pertanian RI. Pokok-pokok arahan Bapak Mentan adalah sebagai berikut :

Mengharapkan agar kegiatan ini memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan pertanian Indonesia.

Dalam rangka pencapaian swasembada pangan menuju kedaulatan pangan, Kementerian Pertanian telah dan sedang melaksanakan berbagai program.  Terobosan-terobosan baru terus dilakukan untuk menyempurnakan dan memperkuat  program yang sudah ada, antara lain berupa “ Pogram Upaya Khusus Pajale", "Pengembangan Lumbung Pangan Orientasi Ekspor di Wilayah Perbatasan” dan “Program Penyangga Pangan Kota Besar”.

Dalam rangka Mendukung Program Penyangga Pangan Kota Besar, Kementerian Pertanian menetapkan 10 wilayah produsen pangan di sekitar Jakarta yaitu Provinsi Banten (Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang), Provinsi Jawa Barat (Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Sukabumi), dan Provinsi Lampung (Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Lampung Selatan) untuk memenuhi target tanam jagung seluas 250.000 – 300.000 hektar.  Hal ini sesuai kebijakan pemerintah yang mencanangkan tahun 2017 sebagai tahun swasembada jagung.  Program ini juga sangat direspon positif oleh industri pakan dan Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) Indonesia.

Untuk mewujudkan Program tersebut,  dalam  hal penyediaan lahan, Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Kementerian BUMN. Selanjutnya, pemenuhan sarana irigasi (embung) bersinergi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, dan untuk normalisasi irigasi bekerjasama dengan Kementerian PU. 

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan bantuan dari Kementerian Pertanian dalam hal ini Direktorat Alsintan, Ditjen PSP kepada Pemerintah Daerah Kab. Serang berupa 61 unit Traktor Roda dua, 20 unit Pompa Air 4 inch, 5 unit Alat Tanam, dan 5 unit Traktor Roda 4.  Selain itu, juga dilakukan penyerahan benih jagung varietas Varietas BIMA 20 dan 19,  dan Varietas NK 212 untuk total luas tanam 103 hektar yang masing-masing diserahkan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten kepada kelompok tani setempat.

Desa Pagintungan Kecamatan Jawilan Kab. Serang memiliki areal pertanaman jagung sekitar 300 ha. Khusus  untuk Kelompok Tani Mekar Tani 1 memiliki lahan pertanaman jagung sekitar 120 hektar. (27/09/2017)