JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Varietas Unggul Cabai untuk Kesejahteraan Petani

BPTP Banten menyelenggarakan Temu Lapang dalam rangka ekspose kegiatan pendampingan hortikultura di Kel.Sukaratu Kec. Majasari Kab. Pandeglang (16/12/2017).

Ekspose ini bertujuan untuk mendiseminasikan teknologi Badan Litbang, yaitu penggunaan Varietas Kencana untuk cabai keriting dan Varietas Prima Horti untuk cabai rawit. Temu Lapang ini dirangkaikan dengan panen kedua varietas tersebut sekaligus ekspose keunggulan-keunggulannya.

Kedua varietas ini ditanam pada demplot BPTP Banten di lahan petani dengan  produktivitas sekitar 12 ton/ha untuk Varietas Kencana dan sekitar 14 ton/ha untuk Varietas Prima Horti. Panen cabai dengan produktivitas tinggi akan memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan petani di saat harga cabai tidak anjlok.

Produktivitas tinggi antara lain karena penggunaan varietas yang unggul.  Petani diharapkan dapat menggunakan kedua varietas ini karena disamping menghasilkan produksi yang tinggi, benihnya juga dapat dibibitkan kembali (jenis OP). Khusus untuk cabai Varietas Kencana, dalam satu ketiak bisa menghasilkan 2-3 buah, hal ini berbeda dengan cabai hibrida.

Penanaman Varietas Kencana di beberapa wilayah  Kabupaten Pandeglang seperti Kec. Mandalawangi, Kec. Jiput, dan Kec. Pandeglang mendapat respon positif dari petani karena buahnya sangat lebat.

Kepala BPTP Banten, Ir. Amirudin Pohan, M.Si berharap agar petani dapat menggunakan dan menyebarluaskan penggunaan varietas ini sehingga produksi cabai di Provinsi Banten dapat meningkat. Kepala BPTP Banten juga berencana akan mengadakan pelatihan pasca panen (pengolahan) cabai di samping akan terus melakukan kegiatan pendampingan di lapangan.