JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jerami Sebagai Limbah Pertanian Menjadi Alternatif Pakan Ternak di Cimanuk Pandeglang

Jerami Sebagai Limbah Pertanian Menjadi Alternatif Pakan Ternak di Cimanuk PandeglangPanen padi yang terus berlangsung hingga saat ini di Kabupaten Pandeglang, menyisakan tumpukan jerami segar yang cukup banyak, diperkirakan mencapai angka 3,5 - 4 ton/ha/panen.

Umumnya, petani membiarkan jerami tersebut di sawah hingga kering. Kemudian, sebagian petani membakar jerami tersebut, dan sebagian lagi membenamkannya kembali ke tanah.

Namun, lain halnya yang dilakukan petani yang berada di Poktan Sinar Saluyu yang berada di Desa Kadubumbang Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang. Jerami yang ada dijadikan sebagai bahan pakan ternak kerbau yang dipelihara oleh petani setempat.

Panen yang dilakukan hari ini di Poktan tersebut dilakukan pada hamparan panen seluas 5 ha dengan tingkat produktivitas sebesar 6 ton/ha Varietas Ciherang.

Berdasarkan luasan tersebut, potensi jerami yang dihasilkan berkisar 17,5 - 20 ton.  Dengan demikian, potensi  jerami sangat besar sebagai alternatif pakan yang murah dan dapat mengatasi kekurangan sumber pakan ternak.

Bahkan jerami juga dapat menjadi cadangan pangan saat musim kemarau dengan melakukan pengeringan secara alami dan penyimpanan dengan baik.

Untuk meningkatkan nilai kecernaan dan menghasilkan nutrisi yang baik, maka sebelum jerami diberikan ke ternak terlebih dahulu dilakukan fermentasi terhadap jerami tersebut dengan menambahkan sejumlah bahan seperti mikroba dan bahan lainnya dengan komposisi yang tertentu.