JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Alsin Tingkatkan Produksi Padi di Wanasalam Lebak

Teknologi Alsin Tingkatkan Produksi Padi di Wanasalam LebakPanen terus berlanjut di Kabupaten Lebak. Wilayah ini merupakan salah satu penyangga pangan ibukota.

Panen hari ini berlangsung di Poktan Bina Harapan yang berlokasi di Desa Cisarap Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Panen dilakukan pada hamparan seluas 100 hektar.

Kecamatan Wanasalam tergolong wilayah yang memiliki hamparan sawah yang sangat luas, yaitu mencapai 13.513,6 hektar. Dan 1.129 hektar di antaranya merupakan hamparan sawah Desa Cisarap.  

Dengan area panen yang luas mengakibatkan petani anggota Poktan Bina Harapan berinisiatif untuk menggunakan Mesin Combine Harvester. Mesin ini akan  mempercepat pelaksanaan panen. Tingkat produktivitas rata-rata yang dihasilkan mencapai 6 ton/hektar. Angka tersebut tergolong tinggi, dan dimungkinkan karena penggunaan mesin combine harvester.

Mesin combine Harvester adalah mesin yang memadukan tiga operasi sekaligus atau 3 in 1, yaitu menuai, merontokkan dan sekaligus mengumpulkan hasil panen ke dalam karung kemasan. Penggunaan mesin panen ini menghemat biaya tenaga kerja sehingga usahatani menjadi lebih efisien. Kegunaan utama lainnya adalah mesin combine  meningkatkan produksi dan mempertahankan mutu hasil produksi. 

Peningkatan produksi diperoleh dari berkurangnya kehilangan hasil akibat penggunaan mesin combine tersebut. Hasilnya, petani tidak banyak menanggung kerugian. Dengan penggunaan mesin tersebut, penyusutan kehilangan hasil dapat ditekan hingga maksimal 2 %. Dan tanpa penggunaan mesin Combine Harvester, kehilangan hasil akan terjadi hingga sekitar 11%.

Pendampingan kepada petani di lapangan tentang teknik pengoperasian mesin combine harvester telah beberapa kali dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Banten.  Selain itu, BPTP Banten juga telah melakukan ekspose kepada petani tentang penggunaan mesin tersebut. Ekspose dilakukan pada hamparan panen di sawah Kebun Percobaan BPTP Banten. Petani peserta ekspose cukup senang dengan kegiatan tersebut dan beberapa di antaranya mencoba mengoperasikan alat tersebut.