JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ketan Lusi Favorit Petani Padi di Pandeglang

Ketan Lusi Favorit Petani Padi di PandeglangKetan Lusi (ketan putih) merupakan salah satu varietas unggul padi ketan yang telah dilepas Balitbangtan. Jenis ketan lainnya adalah Setail (ketan hitam) dan Inpari 25 Opak Jaya (ketan merah).

Pada beberapa titik panen yang terpantau di Pandeglang dalam seminggu ini, petani memanen padi jenis Ketan Lusi. Jenis ketan ini menjadi favorit petani karena hasil panennya sangat bagus, bulirnya bernas dan produktivitasnya tinggi, rata-rata 6 ton/ha. Panen Ketan Lusi antara lain dilakukan petani di Desa Perdana Kecamatan Sukaresmi, dan di Desa Teluk Lada Kecamatan Sobang Kabupaten Pandeglang.

Harga beras ketan umumnya di atas harga beras biasa. Jika harga beras putih biasa sekitar Rp 12.000/kg maka harga beras ketan putih berkisar Rp 15.000/kg. Harga yang lebih tinggi tersebut lebih dipengaruhi oleh jumlah produksi ketan yang masih terbatas sementara kebutuhan penggunaan ketan semakin meningkat, dan umur tanam yang lebih panjang sekitar 130 - 140 hari setelah semai.

Kebutuhan masyarakat akan beras ketan putih semakin meningkat seiring dengan semakin meluasnya industri pangan tradisional (snack) seperti dodol, rengginang, lupis, tape ketan, lemper dan bubur ketan. Ketan memiliki kadar amilosa yang sangat rendah dan memiliki tekstur nasi yang sangat lengket karena mengandung kadar amilopektin yang tinggi.