JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Partisipasi Pegawai BPTP Banten dalam Kegiatan Uji Rasa Buah Durian Lokal

Partisipasi Pegawai BPTP Banten dalam Kegiatan Uji Rasa Buah Durian Lokal Aroma buah durian yang semerbak dari ruangan pelayanan teknologi mengundang para pegawai BPTP Banten untuk hadir baik sebagai responden maupun hanya melihat jalannya kegiatan uji rasa buah durian. Siang hari ini terdapat 8 (delapan) jenis buah durian asal Kabupaten Pandeglang, yaitu Honje, Ketan Jaya, Si Bintang, Si Buaya, Si Kucing, Si Onder, Si Wong, Top-1 (satu). Keunggulan durian Si Bintang sudah diakui pada skala nasional, sedangkan durian Honje baru saja menjuarai kontes durian lokal Kabupaten Pandeglang pada hari Ahad lalu 4 Februari 2018.

Uji organoleptik pada daging buah meliputi tingkat persepsi dan preferensi terhadap warna, aroma, tekstur, rasa, dan after-taste. Setelah itu dilakukan penilaian secara keseluruhan melalui pemeringkatan terhadap jenis durian yang paling disukai oleh masing-masing responden. Selain penilaian terhadap daging buah, dilakukan juga penilaian persepsi terhadap bentuk buah dan warna kulit buah.

Uji rasa buah merupakan tahap awal untuk menseleksi potensi buah lokal yang mempunyai keunggulan dalam hal rasa dan mempunyai dampak ekonomi bagi pemilik atau pengelola pohon induk. Buah yang dianggap lolos pada uji rasa dapat dimasukkan sebagai kandidat untuk didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan perizinan pertanian. Pendaftaran ini akan dilakukan secara bersama oleh BPSB TPH Provinsi Banten (Balai Pengawasan Dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura), peneliti dan penyuluh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Banten mendukung proses pendaftaran tersebut dengan melakukan karakterisasi terhadap pohon induk tanaman (PIT). Berdasarkan hal tersebut nantinya akan diuji buah yang mempunyai keunggulan BUSS (Baru Unik Seragam Stabil). Kegiatan karakterisasi dan eksplorasi buah durian lokal ini sudah berjalan sejak tahun 2015 dalam rangka pengelolaan sumber daya genetik yang terdokumentasi dan terkonservasi.