JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Biochar Diseminasikan di Banten

Teknologi Biochar Diseminasikan di BantenBiochar merupakan bahan padat kaya karbon hasil konversi dari limbah organik (biomas pertanian) melalui pembakaran tidak sempurna atau suplai oksigen terbatas (Balai Penelitian Tanah).

Biochar bukan pupuk tetapi berfungsi sebagai pembenah tanah.

Aplikasi biochar ke lahan pertanian dapat meningkatkan kemampuan tanah menyimpan air dan hara, memperbaiki kegemburan tanah, mengurangi penguapan air dari tanah dan membuat habitat yang baik untuk mikroorganisme simbiotik.

Biomas pertanian yang dapat menjadi bahan biochar dapat berupa sekam padi, tempurung kelapa, tempurung kelapa sawit, kulit buah kakao, dan tongkol jagung. Dari berbagai hasil penelitian mengungkapkan bahwa kulit buah kakao merupakan bahan baku yang paling baik untuk pembuatan biochar.

Hasil pembakaran tak sempurna dari biomas di atas akan menjadi arang.

Arang (biochar) itulah yang akan dibenamkan ke dalam tanah sehingga memberikan dampak pertukaran air dan udara dalam tanah/daerah perakaran tanaman menjadi lebih baik, dan sejumlah manfaat lainnya seperti tersebut di atas.

Dengan berbagai manfaat tersebut, BPTP Banten telah berinisiasi mengadakan pelatihan pembuatan biochar kepada para teknisi, peneliti dan penyuluh BPTP agar teknologi ini dapat didiseminasikan secara luas di Provinsi Banten.

Materi pelatihan pembuatan biochar dihantarkan oleh Peneliti dari Balai Penelitian Tanah Bogor, Sutono, SP, M.Si. Seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias. (Rabu, 30/5/2018).

Bagi yang ingin memperdalam pembuatan Biochar silahkan mengontak kami.