JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Upaya BPTP Banten dalam Mewujudkan "Kampung Sejahtera" di Desa Kohod

Upaya BPTP Banten dalam Mewujudkan "Kampung Sejahtera" di Desa KohodSalah satu program Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja adalah Perwujudan Kampung Sejahtera yang dilakukan di beberapa desa tertinggal di Indonesia.

Tahun 2017, Desa Kohod yang terletak di Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang - Banten merupakan salah satu desa yang ditargetkan menjadi Kampung Sejahtera. Berbagai fasilitas penunjang dibangun oleh pemerintah pusat di desa tersebut seperti seperti sarana jalan, pelayanan kesehatan (puskesmas), pendidikan (sekolah), sarana kebersihan (MCK dan tempat sampah), pengadaan air bersih, pemukiman (bedah rumah), dan lain-lain. 

Kementerian Pertanian melaksanakan kegiatan di Desa Kohod berupa kegiatan yang memberikan dampak langsung terhadap ekonomi warga, yaitu membangun Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).  Kegiatan KRPL tidak hanya mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan dengan tanaman sayuran, tapi juga dilengkapi dengan tanaman buah, tanaman obat, dan hewan ternak Ayam KUB. 

Pengembangan KRPL di Desa Kohod secara khusus dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Banten berkolaborasi dengan Badan Ketahanan Pangan (2017).

Selain membangun KRPL, BPTP Banten juga melakukan penyebaran bibit tanaman buah mangga, rambutan dan jambu air dengan total 1500 batang ke seluruh kampung di Desa Kohod.

Pengembangan KRPL di Desa Kohod memiliki banyak manfaat, antara lain menyediakan sumber pangan yang sehat dan bergizi bagi keluarga, memberdayakan ibu-ibu Rumah Tangga, Kepala Keluarga, dan Pemuda dalam mengelola lahannya, meminimalkan belanja/pengeluaran keluarga untuk kebutuhan sayuran,  dan menjadi alternatif sumber pendapatan warga.

Masyarakat Desa Kohod diharapkan dapat menjaga keberlangsungan kegiatan pengoptimalan pemanfaatan pekarangannya dengan memanfaatkan kebun bibit desa yang telah dibangun di lokasi tersebut.