JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Introduksi BPTP Banten untuk Cabai Keriting Varietas Kencana

Introduksi BPTP Banten untuk Cabai Keriting Varietas Kencana Cabai keriting Varietas Kencana merupakan cabai keriting unggul baru yang dilepas pada tahun 2011 oleh Badan Litbang. 

Karena keunggulannya, varietas cabai ini layak dikembangkan di berbagai wilayah, termasuk di Provinsi Banten.

Cabai Varietas Kencana  mempunyai karakteristik yang menonjol seperti toleran terhadap genangan dan memiliki potensi hasil tinggi di atas 20 ton/ha.

BPTP Banten telah melakukan introduksi budidaya cabai jenis varietas ini di Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang.  Introduksi tersebut diharapkan mampu memenuhi pasokan cabai sepanjang tahun sehingga gejolak harga cabai yang sering terjadi dapat teratasi.

Selain itu, jenis varietas ini telah diperkenalkan dalam berbagai ajang ekspose BPTP Banten.

Varietas Kencana dapat ditanam pada berbagai ketinggian tempat, baik di dataran rendah (0–200 m dpl), medium (200–700 m dpl) sampai ke dataran tinggi (> 700 m dpl) dan pada berbagai tipe lahan (sawah - tegalan) tipe tanah mulai tanah Andisol sampai dengan tanah Gambut dengan berbagai  musim tanam (basah, kemarau basah, kering, dan ekstrim kering). Pada kondisi tersebut produktivitas dapat dicapai berkisar antara 15 – 23 ton/ha.