JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Banten Dukung Peran Serta Pemuda dalam Perwujudan Ketahanan Pangan

Pemuda yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten mengambil peran dalam perwujudan ketahanan pangan melalui penyelenggaraan lomba olahan pangan lokal dan seminar nasional.

BPTP Banten mendukung pelaksanaan Seminar Nasional tersebut (25/10/2018) sebagai upaya diseminasi inovasi teknologi pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan. Seminar berlangsung di Auditorium Dekanat Fakultas Teknik UNTIRTA yang berlokasi di Kota Cilegon.

Tema seminar yang diangkat adalah ‎‎“Optimalisasi Diversifikasi Pangan dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional".

Kepala BPTP Banten, Dr. Ir. Sudi Mardianto, M.Si yang menjadi salah satu pembicara dalam seminar tersebut mengingatkan akan urgensi kebangkitan pangan lokal.

Secara alamiah, lingkungan telah ‎menyediakan bahan pangan, yang dikenal sebagai pangan lokal, yang paling sesuai bagi ‎penghuninya.

Utilisasi pangan introduksi yang massive dapat menimbulkan beragam ‎masalah, dari isu kesehatan, degradasi keanekaragaman hayati, hingga isu ekonomi dan ‎kedaulatan negara.

Perubahan pola pangan lokal ini perlu dukungan teknologi pertanian ‎berupa teknologi lokal, teknologi olah minimal, dan teknologi pengolahan lanjut.‎

Selain Kepala BPTP Banten, hadir pula ‎sebagai pemateri adalah Siti Haryati.SP., MSc, perwakilan Direktorat Jenderal Tanaman ‎Pangan Kementerian Pertanian, dan Prof. Dr. Meutia, ‎SE.,MP.‎, Dosen Agribisnis Fakultas Pertanian UNTIRTA.

Seminar dihadiri oleh sekitar 150 mahasiswa yang merupakan pemuda dari 10 perguruan tinggi di Indonesia. Jiwa muda mereka tampak dari antusiasme mereka dalam menyimak pemaparan materi dan diskusi yang interaktif dengan para narasumber.