JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Banten Gelar Temu Teknis di Lokasi Pengembangan Bawang Merah di Kabupaten Serang

BPTP Banten Gelar Temu Teknis di Lokasi Pengembangan Bawang Merah di Kabupaten SerangSelain Kecamatan Kramat Watu, lokasi pengembangan bawang merah di Kabupaten Serang juga dilakukan di Kecamatan Baros.

Dalam rangka mendukung pengembangan bawang merah di Kecamatan Baros dan sebagai upaya penyempurnaan teknologi, BPTP Banten mendiseminasikan teknologi budidaya bawang merah sekaligus menggali umpan balik petani terhadap teknologi yang didiseminasikan melalui Temu Teknis Inovasi Teknologi Pertanian (31/10/2018).

Materi Teknologi Budidaya Bawang Merah yang disampaikan oleh Silvia Yuniarti, SP, MP lebih difokuskan pada pengenalan hama dan penyakit pada bawang merah dan tindakan pencegahannya.

"Dalam pengendalian OPT kita harus mengenal OPT yang menyerang, karena keberhasilan pengendalian OPT sangat tergantung pada identifikasi jenis OPT yang menyerang, dengan diketahuinya jenis OPT tersebut akan dapat ditentukan cara pengendalian yg tepat" terang Silvi dalam memberikan penekanan pada penyampaian materinya di hadapan petani bawang merah Kabupaten Serang.

Dalam acara tersebut, hadir pula Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Serang yang menyampaikan 6  kebijakan pengembangan hortikultura di Kabupaten Serang, 1) pengembangan pembibitan, 2) pengembangan poktan unggulan, 3) diversifikasi komoditi - tumpang sari, 4) pengembangan kemitraan, 5) pengembangan pasca panen - CAS, dan 6) pengembangan industri pengolahan.

Diskusi petani dan narasumber cukup interaktif.  Salah satu permasalahan utama yang dihadapi petani adalah tingginya biaya pembuatan guludan pada budidaya bawang merah.  Permasalahan ini menjadi diskusi menarik dalam Temu Teknis tersebut, termasuk upaya memodifikasi alat yang ada sehingga dapat berfungsi untuk  pembuatan guludan di saat alat yang dibutuhkan tersebut belum tersedia di lapangan.