JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Badan Litbang Luncurkan 3 Kelompok Produk Inovatif

Badan Litbang Luncurkan 3 Kelompok Produk InovatifKamis, 22/08/2019 Badan Litbang melakukan Launching Produk Inovasi yang bertempat di Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 500 orang yang berasal dari pihak akademisi, industri, pemerintah dan masyarakat mengangkat tema "Membumikan Riset Pertanian di Indonesia". Hal ini dimaksudkan agar hasil riset yang ada tidak terhenti hanya dalam wujud laporan, jurnal, prosiding, dan hak paten tetapi harus ada hilirisasi ke masyarakat. Untuk itu, segera akan dibuat grand design produk Litbang yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan Program Strategis Kementan.

Launching tersebut dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 10 Agustus, serta menyambut HUT Balitbangtan ke-45 yang diperingati tanggal 26 Agustus.
Produk inovasi yang dilaunching terdiri atas 3 kelompok besar, yaitu produk nanoteknologi, biofortifikasi, dan bioteknologi.

Beberapa produk tersebut antara lain berupa bioplastik yaitu plastik kemasan ramah lingkungan, biofoam yaitu kemasan yang aman untuk makanan, nanobiopestisida cair yang merupakan pestisida ramah lingkungan yang efisien dan efektif, produk biofortifikasi berupa padi varietas Inpari IR Nutri Zinc yang memiliki kandungan Zn tinggi dan dapat meminimalisasi masalah stunting. Selain itu, terdapat kedelai Biosoy yang memiliki produktivitas tinggi dan berukuran biji besar.

Para inventor Produk Litbang mendapat penghargaan pada acara tersebut melalui pemberian royalti yang diterima oleh masing-masing inventor.

Acara Launching dirangkaikan dengan pelaksanaan Rakor Badan Litbang Pertanian yang diikuti oleh UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian tanggal 22 -23 Agustus dan Agro Inovasi Fair 24-25 Agustus 2019.