JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Lahan Kering Di Gunung Kencana - Lebak Potensial Untuk Pengembangan Ternak Sapi

Lahan Kering Di Gunung Kencana - Lebak Potensial Untuk Pengembangan Ternak SapiCuaca panas sangat menyengat di Kampung Cikeusik Desa Kramat Jaya Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak tidak menyurutkan semangat para peternak untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Tim Pendampingan Kawasan Ternak BPTP Banten.

Pelatihan budidaya ternak sapi/kerbau di wilayah tersebut dilakukan untuk mendukung pengembangan kawasan ternak sapi/kerbau di Propinsi Banten. Pelatihan tepatnya berlangsung di Kelompok Tani Cempaka Jaya yang diikuti 27 orang peternak dari perwakilan 4 LMDH (Lembaga Masyarakat Desa dan Hutan) di Kecamatan Gunung Kencana yang merupakan wilayah berbasis korporasi jagung.

Pelatihan ini juga dihadiri oleh Kepala UPTD Pertanian dan Perkebunan H. Antajaya, S.P, M. Si. Kecamatan Gunung Kencana. Dalam sambutannya, Antajaya menyampaikan agar para peserta mengikuti pelatihan budidaya ternak ini dengan sebaik-baiknya.

Narasumber pelatihan adalah drh. Eko Kardiyanto, peneliti BPTP Banten dengan kepakaran di bidang peternakan. Dalam pemaparannya, drh. Eko menyampaikan teknologi budidaya ternak sapi, pengolahan limbah ternak dan pemanfaatan tanaman jagung sebagai pakan ternak. drh. Eko juga menyampaikan bahwa wilayah tersebut berpotensi untuk pengembangan ternak sapi/kerbau karena ketersediaan pakan yang cukup bersumber antara lain dari limbah tanaman jagung yang banyak tersedia di lokasi.