JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Menggalakkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Pemberdayaan KWT

Menggalakkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Pemberdayaan KWTPeningkatan pengetahuan dan keterampilan wanita tani melalui pelatihan merupakan salah satu tujuan kegiatan Tagrimart BPTP Banten.

Selasa, 20/8/2019 BPTP Banten berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Serang melaksanakan Pelatihan "Pemanfaatan Lahan Pekarangan" di BP3K Kecamatan Ciomas.

Pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya BPTP Banten menggalakkan dan mengembangkan pemanfaatan lahan pekarangan di Provinsi Banten.

Pelatihan diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari pengurus dan anggota KWT, petugas pendamping, dan Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Serang serta Tim Tagrimart BPTP Banten.

Narasumber pelatihan berasal dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Serang dan BPTP Banten. Materi disampaikan oleh Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DKP Kab. Serang, Yuli Saputra, S.TP, MM mengenai “Kebijakan dalam Mendukung Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)”. Sementara itu, Penanggung Jawab Tagrimart BPTP Banten, Drs. Mayunar menyampaikan materi mengenai “Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam Upaya Pemanfaatan Lahan Pekarangan”.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Yuli Saputra, S.TP., MM mengingatkan KWT tentang konsep ISI PIRINGKU, dimana bahan pangan harus beragam terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan dan sayuran. KWT diharapkan mampu memenuhi konsumsi pangan beragam melalui pemanfaatan pekarangan dengan bertanam sayuran dan pemeliharaan ayam kampung.

Drs Mayunar pada akhir pelatihan menyampaikan akan membagikan benih tanaman sayuran (cabai merah, cabai rawit, terong dan tomat) kepada KWT yang disambut antusias oleh KWT yang hadir. Benih tersebut diharapkan dipelihara dengan menerapkan teori yang telah diperoleh sehingga mendapatkan produksi yang maksimal.