JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sinergi BPTP Banten, Penyuluh dan Poktan di Pulosari - Pandeglang Optimalkan Lahan Kering

Sinergi BPTP Banten, Penyuluh dan Poktan di Pulosari - Pandeglang Optimalkan Lahan KeringSalah satu kegiatan Upaya Khusus Peningkatan Produksi (UPSUS) PAJALE BPTP Banten adalah mengoptimalkan pemanfaatan lahan kering dan terbengkalai.

Kegiatan yang dilakukan BPTP Banten berupa demfarm padi gogo seperti yang dilakukan saat ini di lokasi lahan Poktan Haur Tutul Desa Sukasari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang.

Di lokasi tersebut, BPTP Banten bersinergi dengan penyuluh setempat dan Poktan Haur Tutul melakukan penanaman 4 VUB padi gogo, yaitu Inpago 8, Inpago 10, Inpago 12, dan Situbagendit dengan kelas benih Foundation Seed (FS).

Alit Siswandar, penyuluh Kecamatan Pulosari mengungkapkan bahwa pada awalnya tidak mudah untuk mempengaruhi anggota Poktan untuk mengikuti ajakan BPTP Banten. Meskipun sebagian petani menerima, namun tidak sedikit juga yang menolak. Setelah melihat kegiatan penanaman mulai dilakukan, petani yang tadinya menolak akhirnya bersedia untuk mengikuti introduksi teknologi BPTP Banten sehingga total lahan demfarm yang ada adalah seluas 9 ha yang kesemuanya merupakan lahan kering.

Awalnya, lahan tersebut sebagian ditanami singkong dan berbagai tanaman lainnya, dan sebagian lagi tidak dimanfaatkan sehingga terbengkalai.

Saat ini, pertumbuhan tanaman cukup baik dan telah mencapai umur 4 MST. Diperkirakan sekitar awal hingga pertengahan Maret, panen akan dilakukan. Setelah panen padi gogo, Tim Pelaksana Kegiatan UPSUS BPTP Banten berencana akan memanfaatkan kembali lahan tersebut dengan tanaman jagung.

VIDEO.....