JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Banten Bekali Mahasiswa Magang Dengan Materi "Teknik Produksi Benih Padi"

BPTP Banten Bekali Mahasiswa Magang Dengan Materi "Teknik Produksi Benih Padi"Senin, 20 Januari 2020 BPTP Banten melakukan transfer informasi teknologi kepada mahasiswa Untirta yang sedang magang di BPTP Banten.

Materi disampaikan oleh Sri Kurniawati, SP, M.Si, peneliti BPTP Banten dengan judul "Teknik Produksi Benih Padi".

Sebelum penyampaian materi, para mahasiswa magang melakukan dinamika kelompok untuk menjalin keakraban dan membangkitkan semangat serta fokus sehingga mereka merasa nyaman dan siap untuk menerima materi.

Pokok-pokok materi yamg disampaikan berupa persyaratan lokasi, benih sumber, kelas-kelas benih, teknis budidaya dan penanganan calon benih hingga benih tersertifikasi.

Materi ini agak berbeda dengan teknik produksi padi secara umum karena dalam produksi benih harus dilakukan dengan memenuhi syarat tertentu seperti melakukan proses pendaftaran benih, benih yang digunakan harus satu kelas lebih tinggi dari yang akan diproduksi, lokasi merupakan lahan subur bukan lokasi endemis OPT, harus melakukan rouging untuk menjaga kemurnian benih, dan harus ada isolasi jarak minimal 2 meter dari varietas yang berbeda atau isolasi waktu tanam yaitu 2 minggu serta harus terdapat proses pemeriksaan lapang darI PBT sebanyak 3 kali berupa pemeriksaan pendahuluan, lapang dan laboratorium. Pemeriksaan laboratorium dilakukan setelah proses pengolahan calon benih (pascapanen).

Prosesing calon benih berupa penjemuran/pengeringan untuk menurunkan kadar air hingga menjadi 11 s/d 12 % dan pengipasan/pembersihan. Selanjutnya, apabila benih dinyatakan lulus sesuai persyaratan yang ditetapkan maka legalitas benih akan terbit berupa sertifikat dan label benih. Setelah legalitas benih keluar maka dilakukan pengemasan, penyimpanan dan distribusi. Penyimpanan yang dilakukan harus memenuhi persyaratan suhu dan kelembaban.

Di akhir acara, mahasiswa diberikan materi motivasi dengan tema "selalu bersyukur". Diharapkan dari motivasi tersebut dapat memicu semangat para mahasiswa untuk berjuang menuntaskan studinya dengan baik dan menjadi generasi penerus yang dapat memajukan bangsa Indonesia.

Para mahasiswa sangat antusias mengikuti pelaksanaan kegiatan dan menyampaikan terima kasih karena mereka mendapatkan ilmu yang berguna dalam bidang keahliannya.