JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Rakor Balitbangtan untuk Penguatan Program dalam Mendukung Capaian Sasaran Strategis Kementerian Pertanian

Rakor Balitbangtan untuk Penguatan Program dalam Mendukung Capaian Sasaran Strategis Kementerian PertanianSelasa, 28 Januari 2020 di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta berlangsung Rakor Balitbangtan dengan tema "Penguatan Program/Kegiatan Dalam Mendukung Capaian Sasaran Strategis Kementerian Pertanian"

Rakor dihadiri oleh 65 UPT se Indonesia lingkup Balitbangtan, Puslit, dan Balai Besar. Rakor juga dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Bioindustri, Kepala Badan Litbang pada era yang berbeda, dan Professor Riset lingkup Balitbangtan. Dari BPTP Banten, hadir Kepala Balai Dr. Ismatul Hidayah, SP, M.Si, Kasie KSPP ST. Rukmini, SP, M.Si, dan Koordinator Program Dr. Andy Saryoko, SP, M.Si.

Rakor dibuka oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si dengan pokok-pokok arahan antara lain menekankan bahwa:

1. Rakor ini merupakan follow up dan penajaman dari Rakornas Pembangunan Pertanian 2020 yang telah berlangsung pada hari sebelumnya, Senin, 27/02/2020.

 

Rakor Balitbangtan untuk Penguatan Program dalam Mendukung Capaian Sasaran Strategis Kementerian Pertanian2. Tahun ini akan dirasakan sebagai tahun yang paling sibuk karena di samping pelaksanaan berbagai kegiatan, akan dilakukan transformasi kepegawaian yang menduduki jabatan Eselon III dan IV (kecuali Kepala Satker), mulai bulan April nanti akan kembali atau bertugas ke Fungsional Tertentu,

3. Terkait Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), saat ini masih menunggu Pepresnya,

4. Anggaran kegiatan yang digunakan harus berkorelasi positif terhadap kinerja sehingga harus dipastikan bahwa tidak ada satu pun pegawai yang tidak punya pekerjaan,

5. Salah satu yang urgent saat ini adalah bagaimana memperkenalkan hasil teknologi kita sehingga memberikan kebermanfaatan terhadap masyarakat luas, dan

 6. Tahun ini, akan dilakukan kolaborasi Negara Selatan-Selatan yang diinisiasi kesepuluh negara.

Selain itu, Dr. Fadjry Djufry juga menyampaikan bahwa saat ini telah dibangun Agriculture War Room (AWR) yang berfungsi untuk mengendalikan data dan terhubung dengan semua institusi sampai tingkat ke kecamatan. Seluruh institusi lingkup Kementan harus mempunyai pusat data yang link dengan AWR.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan dan diskusi Materi Program/Kegiatan Badan Litbang Pertanian mendukung Capaian Sasaran Strategis Kementan, yaitu:

  1. Agriculture War Room,
  2. Kawasan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern,
  3. Program/Kegiatan Utama Litbang Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Pascapanen, Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Tahun 2020, dan lain-lain.

Acara Rakor semakin semarak dan bersemangat dengan kehadiran Menteri Pertanian, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, M.H yang mengharapkan agar Litbang Pertanian memperkuat risetnya, menyebarluaskan hasilnya serta membangun harmonisasi sehingga manfaatnya dirasakan oleh