JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Si Bintang, Durian Primadona yang Hadir di Stand BPTP Banten pada Festival Durian 2020

Si Bintang, Durian Primadona yang Hadir di Stand BPTP Banten pada Festival Durian 2020Musim durian tahun ini di Provinsi Banten dirayakan dengan penyelenggaraan Festival Durian yang berlangsung pada tanggal 1 - 2 Februari 2020 di Serpong, Tangerang Selatan.

Acara dibuka oleh Gubernur Banten Dr. Wahidin Halim dan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki beserta masyarakat pencinta duren se Provinsi Banten. Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Banten telah menyediakan lahan seluas 1000 hektar untuk pengembangan durian eksotik Banten.

Sejumlah acara digelar dalam Festival tersebut seperti Kontes Durian, Bazaar, dan Pameran. Bagi BPTP Banten, kehadiran Festival Durian tersebut akan mendorong lahirnya varietas lokal yang unggul dan bermutu di Provinsi Banten.

Pada Festival tersebut, BPTP Banten berpartisipasi pada kegiatan pameran dengan menampilkan 5 durian unggul lokal yang sedang dalam proses pelepasan varietas, yaitu Durian Si Baranjang, Ketan Jaya, Si Kucing, Si Mas, dan Si Bintang.

 

Si Bintang, Durian Primadona yang Hadir di Stand BPTP Banten pada Festival Durian 2020Sesuai dengan namanya, Si Bintang menjadi primadona dalam festival tersebut. Si Bintang mendapat respon yang sangat bagus dari Gubernur dan Menteri Koperasi dan UKM. "Durian ini hampir sama dengan Durian Matahari, bertepung, kering, dan manisnya cukup" jelas Teten Masduki saat mencicipi Durian Si Bintang di Stand BPTP Banten.

Selanjutnya, upaya yang harus dilakukan adalah mengawal proses pelepasan varietas tersebut dengan mempertahankan pohon induknya yang kini berada di wilayah Kabupaten Pandeglang.

Dalam pameran tersebut, BPTP Banten juga mendisplay VUB Cabai produksi Badan Litbang Pertanian seperti Cabai Kencana, Rabbani, dan Agrihorti, serta berbagai buku dan leaflet hortikultura. Selain itu, kepada para pengunjung, BPTP Banten melakukan pembagian benih sayuran gratis seperti benih terong, cabai rawit, bayam dan kangkung.