JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Banten Bentuk Grup Pengamat Hama di Lokasi Demfarm Padi Lahan Kering di Pandeglang

BPTP Banten Bentuk Grup Pengamat Hama di Lokasi Demfarm Padi Lahan Kering di PandeglangMasih ingat demfarm padi kerjasama BPTP Banten dengan petani dan BPP Pulosari - Pandeglang?

Betul, demfarm padi lahan kering (padi gogo) tersebut dilakukan di lokasi Poktan Haur Tutul Desa Sukasari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang.

Di lokasi tersebut, BPTP Banten bersinergi dengan Poktan Haur Tutul dan petani melakukan penanaman 4 VUB padi gogo, yaitu Inpago 8, Inpago 10, Inpago 12, dan Situbagendit dengan kelas benih Foundation Seed (FS).

Menindaklanjuti Gerakan Pengendalian (Gerdal) OPT yang dilakukan pekan lalu, Tim BPTP Banten bersama-sama dengan POPT dan Penyuluh Kecamatan Pulosari serta petani setempat lakukan monitoring hama dan penyakit di lokasi demfarm tersebut pada Rabu, 05/02/2020.

BPTP Banten Bentuk Grup Pengamat Hama di Lokasi Demfarm Padi Lahan Kering di PandeglangPengamatan dipandu oleh Sri Kurniawati, SP, M.Si peneliti BPTP Banten dengan membentuk 7 grup pengamatan yang terdiri dari petani pengelola lahan.

Selanjutnya, disepakati pengamatan akan dilakukan setiap pekan di Hari Rabu. Kegiatan evaluasi terhadap pelaksanaannya akan dilakukan oleh Aceng Sunardi selaku POPT Kecamatan Pulosari dengan koordinasi bersama peneliti BPTP Banten.

Pada gerdal pekan lalu, ditemukan hama yang menyerang adalah hama penggerek batang. Setelah dilakukan gerdal, tidak terjadi tambahan luas serangan meskipun masih dijumpai ulat yang hidup dan sudah memasuki fase dewasa.

 

Dalam kesempatan monitoring ini, ditentukan pula mekanisme pelaporan serangan OPT. Koordinator tiap blok melaporkan hasil pengamatannya ke koordinator regu pengamat dan selanjutnya koordinator regu melaporkan ke POPT dan PPL. Kemudian, POPT akan melakukan verifikasi dan memberikan rekomendasi.

Dengan adanya grup tersebut, tingkat kewaspadaan terhadap serangan lebih tinggi, dan tindakan pencegahan dan pengendalian akan lebih cepat dilakukan. Hal ini akan berdampak pada produksi padi yang lebih baik sehingga petani pun bisa tersenyum bahagia. Bayangan perolehan hasil yang mensejahterahkan mereka akan semakin dekat.