JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Menentukan Rekomendasi Penggunaan Pupuk Melalui PUTS dan Analisa Kualitas Pupuk An-organik Padat Melalui PUP

Menentukan Rekomendasi Penggunaan Pupuk Melalui PUTS dan Analisa Kualitas Pupuk An-organik Padat Melalui PUPPerangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) merupakan alat bantu untuk menganalisis hara tanah sawah secara cepat dan mudah yang berguna untuk menetapkan status hara N, P, K, dan pH tanah sehingga dapat memberikan rekomendasi dosis pemupukan lebih tepat dan efisien.

PUP adalah alat bantu analisis kadar N, P, K dalam pupuk an-organik padat secara cepat dan mudah yang berguna untuk membantu pelaku pasar dan pengawas pupuk untuk mengetahui kualitas pupuk an-organik padat yang beredar di pasaran. Jika ditemukan ketidaksesuaian maka pengawas pupuk dapat mengambil langkah langkah penting yang diperlukan.

Dalam rangka optimalisasi penggunaan alat tersebut di lapangan, BPTP Banten secara konsisten mensosialisasikan kedua teknologi tersebut baik melalui kegiatan BPTP Banten maupun dalam rangka memenuhi undangan dari instansi terkait.

Sosialisasi yang baru-baru ini dilaksanakan pada awal tahun adalah dalam rangka memenuhi undangan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang. Tidak hanya penggunaan PUTS dan PUP, BPTP Banten juga mensosialisasikan pemanfaatan KATAM (Kalender Tanam) Terpadu yang merupakan produk unggulan Badan Litbang Pertanian yang dapat membantu petani untuk menentukan jadwal tanam yang tepat disertai dengan informasi pendukung lainnya seperti rekomendasi pemupukan spesifik lokasi, rekomendasi varietas, rekomendasi kebutuhan benih, prakiraan resiko bencana akibat perubahan iklim, dll

Sosialisasi kali ini dilakukan pada Kelompok Tani Tunas Mekar, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang yang diikuti 30 peserta, terdiri atas penyuluh, pendamping dan pengurus dan anggota kelompok tani.

Tidak sekedar penyampaian materi, BPTP Banten juga mencontohkan penggunaan perangkat tersebut yang diikuti sangat antusias oleh peserta.

Menjelang akhir acara, beberapa perwakilan peserta menyampaikan komentar rasa puas atas materi dan praktek yang disampaikan.