JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Upaya Mewujudkan Kelembagaan Petani Milenial Berdaya Saing, Produktif dan Berkelanjutan

Upaya Mewujudkan Kelembagaan Petani Milenial Berdaya Saing, Produktif dan BerkelanjutanBPTP Banten melalui kegiatan peningkatan komunikasi, koordinasi, dan diseminasi teknologi hasil Litbang berupaya mewujudkan mimpi generasi petani milenial untuk menjadi milenial yang unggul bersama petani dan masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan sosial yang kreatif, inovatif, berdaya saing, produktif dan berkelanjutan melalui pendekatan penguatan kelembagaan petani milenial.

BPTP Banten melaksanakan kegiatan penguatan kelembagaan tersebut di Kelompok Tani Super Farm Desa Sumurbandung Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak.

Kegiatan diawali dengan inisiasi dari tim Penyuluhan BPTP Banten dan dilakukan beberapa pertemuan yang membentuk kesepakatan penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) kelompok.

 

Upaya Mewujudkan Kelembagaan Petani Milenial Berdaya Saing, Produktif dan BerkelanjutanPertemuan pada Selasa, 10 Maret 2020 di Poktan Super Farm merupakan finalisasi AD-ART. Dalam pertemuan ini dihadiri tim penyuluh dari BPTP Banten, yaitu Kartono SP. MSi, Ahmad Fauzan SST, Dewi Widiyastuti SP, Iin Setyowati SP. MSc dan tim administrasi RR Ragilsari, penyuluh dari BPP Cikulur dan kelompok tani Superfarm sebanyak 30 orang.

Dalam pertemuan ini, finalisasi isi aturan Anggaran Rumah Tangga (ART) antara lain berupa: ketentuan umum, keanggotaan (aturan dan sanksi), rapat organisasi, simpanan, dan usaha. Untuk Anggaran Dasar (AD) berupa: tujuan, kegiatan, keanggotaan, hak dan kewajiban anggota, struktur pengurus dan lain sebagainya.

Dalam AD/ART tersebut, dibuat juga ketentuan simpanan wajib dan simpanan pokok anggota yang akan digunakan sebagai modal usaha kelompok yang meliputi usaha on-farm dan off-farm.

Setelah finalisasi AD-ART, dilanjutkan dengan kegiatan pembentukan struktur organisasi kelompok.

 

Upaya Mewujudkan Kelembagaan Petani Milenial Berdaya Saing, Produktif dan BerkelanjutanUntuk membekali kelompok agar mampu mandiri dalam melakukan kegiatan pertanian dari hulu hingga hilir, maka dalam kegiatan ini dilakukan penyampaian materi dan latihan membuat analisa usaha.

Pertemuan ini diakhiri dengan perencanaan demplot oleh kelompok denga menentukan demplot yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Melalui kegiatan ini diharapkan kelompok Super Farm dapat berkembang dan mandiri dalam kegiatan pertanian dan menjadi model dalam pengembangan kelompok tani milenial.