BPTP Banten Latih Poktan Sugan Jaya dalam Pembuatan Biochar

Parent Category: Berita Written by Yuti Giamerti dan ST. Rukmini Hits: 51

BPTP Banten Latih Poktan Sugan Jaya dalam Pembuatan BiocharSelasa, 10/03/2020, BPTP Banten melatih Poktan Sugan Jaya yang berlokasi di Desa Cilegong Ilir, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak dalam pembuatan biochar.

Pembuatan biochar dilakukan dengan menggunakan arang sekam yang mudah tersedia di sekitar lokasi.

Apa itu Biochar?

Sejatinya biochar adalah arang. Nama biochar dipakai karena biochar berasal dari sisa biomas dan diharapkan bersifat ramah dan aman terhadap lingkungan.

Fungsi biochar sebagai pembenah tanah, dan sebagai bentuk sekuestrasi (penambatan) karbon, sehingga biochar akan meningkatkan kesuburan tanah dan C organik tanah. (Sumber: Balit Tanah)

Biochar dibutuhkan di lokasi ini untuk mengantisipasi kekeringan pada lahan karena akan mengikat hara sehingga tidak mudah hanyut oleh air dan mengikat air.

BPTP Banten Latih Poktan Sugan Jaya dalam Pembuatan BiocharPembuatan biochart dengan arang sekam dimulai dengan menempatkan gulungan kawat ram dalam posisi berdiri, kemudian sekam diletakan mengelilingi kawat ram tersebut. Api dinyalakan di dalam kawat ram sehingga tidak langsung membakar sekam. Arang yang terbentuk dalam pembakaran tersebut itulah biochar.