JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Upaya Maksimalkan Produksi Pangan, BPTP Banten Ikuti Workshop Koordinasi Peningkatan IP

Upaya Maksimalkan Produksi Pangan, BPTP Banten Ikuti Workshop Koordinasi Peningkatan IPPemerintah memiliki tanggung jawab dalam penyediaan pangan bagi seluruh penduduk Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan seiring dengan peningkatan kebutuhan pangan masyarakat adalah peningkatan produksi.

Peningkatan produksi dapat dilakukan melalui peningkatan Indeks Pertanaman (IP).

Selama 2 hari berturut-turut, 10-11 Maret 2020, BBP2TP menggelar Workshop Koordinasi Peningkatan IP yang diikuti oleh Tim Kegiatan IP dan Tim KATAM (Kalender Tanaman) seluruh BPTP se Indonesia. Dari BPTP Banten hadir Tian Mulyaqin, S.P., M.Agr, PJ Kegiatan IP dan Ir. Asep Wahyu, Tim Katam.

Workshop dibuka oleh Kepala BBP2TP Dr.Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si dengan arahan antara lain perlunya menjaga ketersediaan pangan yang cukup dengan kualitas bagus sehingga dapat mendukung target pemerintah dalam meningkatkan produksi pangan sebesar 7 persen per tahun.

 

Upaya Maksimalkan Produksi Pangan, BPTP Banten Ikuti Workshop Koordinasi Peningkatan IPBeberapa materi disampaikan pada workshop ini, antara lain : 1). Hilirisasi Informasi Inovasi Teknologi Balitbangtan, oleh Kepala BBP2TP; 2). Kebijakan dan Inovasi Teknologi Tanaman Pangan, oleh Kapuslitbang Tanaman Pangan; 3). Sistim Informasi Katam, oleh peneliti Balit Klimat; 4). Penguatan Kelembagaan Pertanian, oleh peneliti PSEKP; 5). Decision Support System (DSS), oleh peneliti BBP2TP; 6). Juklak Penerapan IP, oleh PJ Kegiatan IP BBP2TP; dan 7). Transformasi Hasil Kajian IP Menjadi KTI, oleh Rachmat Hendayana.

Sesi leason learn diisi dengan menampilkan hasil demplot kegiatan peningkatan IP tahun 2017-2019 dari BPTP NTT, Kalimantan Tengah, Jawa Barat dan Lampung.

BPTP Banten tahun 2020 ini akan melaksanakan Kegiatan IP dalam bentuk identifikasi, validasi dan demplot pada kabupaten yang lokasinya memiliki kriteria sesuai Sistem Aplikasi DSS yang masih diproses untuk selesai akhir Maret ini.

 

 

Upaya Maksimalkan Produksi Pangan, BPTP Banten Ikuti Workshop Koordinasi Peningkatan IP