Tingkatkan Produksi Pangan, KWT Kota Serang dan Cilegon Ikuti Bimtek Aquaponik dan Hidroponik

Parent Category: Berita Written by Mayunar; Editor by ST. Rukmini Hits: 21

Tingkatkan Produksi Pangan, KWT Kota Serang dan Cilegon Ikuti Bimtek Aquaponik dan HidroponikPenerapan teknologi sesuai anjuran dapat meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu produk pertanian. Hal ini telah dirasakan oleh masyarakat Kampung Kembang, Kelurahan Curug, Kota Serang yang tergabung dalam KWT Andalan.

Melalui pemanfaatan pekarangan dengan teknologi tepat guna, masyarakat dapat memenuhi pangan keluarga dan menambah pendapatan.

Dalam upaya pengembangan usaha dan mendorong aktivitas KWT, Distan Propinsi Banten pada Rabu, 18/03/2020 melakukan fasilitasi Bimtek tentang Teknologi Sistem Hidroponik dan Aquaponik yang bertempat di Keluruhan Curug, Kota Serang. Narasumber pada Bimtek tersebut adalah Drs. Mayunar, Penanggung Jawab Kegiatan Tagrimart BPTP Banten.

Hidroponik adalah sistim budidaya dengan memanfaatkan air (tanpa menggunakan tanah) yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

 

Tingkatkan Produksi Pangan, KWT Kota Serang dan Cilegon Ikuti Bimtek Aquaponik dan HidroponikAquaponik adalah sistem budidaya yang mengkombinasikan akuakultur (budidaya ikan) dan hidroponik dalam lingkungan yang saling menguntungkan, dengan kata lain ikan dan tanaman tumbuh bersama.

Peserta sangat merespon acara tersebut karena materi yang disampaikan cocok untuk diterapkan di lingkungan perkotaan yang umumnya memiliki kendala lahan yang sempit.

Peserta Bimtek terdiri atas masyarakat sekitar, KWT Kota Cilegon, PPL, Lurah Curug, perwakilan Distan Provinsi, perwakilan Distan Kota, UPT dan Korluh setempat.

Melalui Bimtek ini, peserta khususnya KWT Kota Serang dan Kota Cilegon dapat menerapkan sistim budidaya aquaponik dan hidroponik dengan baik sehingga memacu peningkatan produksi pangan keluarga.