"SILINCAH" Inovasi Layanan Publik BPTP Banten

Parent Category: Berita Written by ST. Rukmini Hits: 126

"SILINCAH" Inovasi Layanan Publik BPTP Banten Dalam rangka meningkatkan kinerja layanan publik, BPTP Banten kembangkan layanan online yamg diberi nama "SILINCAH". Layanan ini diinisiasi oleh Kepala BPTP Banten Dr. Ismatul Hidayah, SP, MP.

SILINCAH adalah akronim dari Sistem Inovasi Layanan Online Cepat dan Hemat, yaitu suatu sistem layanan informasi dan produk berbasis digital melalui website BPTP Banten.

Layanan ini dibuat untuk mempermudah pengguna dalam memanfaatkan informasi teknologi dan produk yang tersedia di BPTP Banten secara cepat dan hemat.

Melalui layanan ini, pengguna/stakeholder BPTP Banten dapat mengakses:

1). Ketersediaan benih sumber dan benih sebar padi dan melakukan pemesanan benih tersebut
2). Ketersediaan stock bibit Ayam KUB berdasarkan umur, dan tersedia panduan pemeliharaan Ayam KUB, serta melakukan pemesanan bibit ayam tersebut
3). Layanan pengujian mutu benih tanaman pangan
4). Layanan magang dan kunjungan ke IP2TP Singamerta.
5). Layanan klinik pertanian yang merupakan layanan konsultasi teknologi informasi.

Pada layanan tersebut, khususnya layanan ketersediaan benih padi dan stock Ayam KUB akan diupdated setiap hari sehingga sesuai dengan ketersediaan riil di gudang UPBS dan kandang ayam BPTP Banten.

Jumat, 15 Mei 2020, Dr. Ismatul Hidayah, SP, MP melakukan sosialisasi internal terhadap layanan tersebut. Selain untuk mengenalkan layanan ini ke seluruh pegawai BPTP Banten, sosialisasi juga dimaksudkan untuk mendapatkan respon dan masukan berharga bagi penyempurnaan layanan tersebut.

Direncanakan setelah Idul Fitri 1441 H akan diadakan sosialisasi eksternal layanan tersebut kepada stakeholder secara luas melalui pertemuan online.