JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Tingkatkan Imunitas dengan Penyediaan Pangan Sehat dari Pekarangan Sendiri

Tingkatkan Imunitas dengan Penyediaan Pangan Sehat dari Pekarangan SendiriPekarangan menjadi aset yang berguna bila dimanfaatkan dengan tanaman yang menghasilkan. Berbagai jenis tanaman dapat ditanam di pekarangan, seperti tanaman buah dan sayuran.

Tanaman buah seperti melon, pisang, pepaya, mangga, kelengkeng, rambutan, dan lain-lain. Tanaman sayuran seperti bayam, kangkung, caisim, selada, seledri, cabai, tomat, paria, dll. Semuanya dibutuhkan dalam konsumsi pangan sehari-hari.

Lahan sempit dan kekurangan air bukan kendala untuk memanfaatkan pekarangan karena teknologi mengoptimalkan lahan sempit telah lama diperkenalkan, bisa dengan sistem hidroponik, aquaponik, dan wolkaponik, atau sekedar vertikal garden bila air di lingkungan kita cukup tersedia.

Kementerian Pertanian terus mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan. Program yang ada saat ini dikenal dengan istilah Pekarangan Pangan Lestari. Kata "Lestari" mengandung makna keberlanjutan sehingga penyediaan pangan keluarga terpenuhi secara rutin dan memberikan keuntungan ekonomi bagi keluarga sebagaimana prinsip pemanfaatan pekarangan yaitu ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Di masa pandemi Covid-19, di saat mobilitas masyarakat terbatas sementara kebutuhan pangan sehat tetap harus terpenuhi dalam rangka menjaga imunitas maka Pekarangan Pangan Lestari hadir memberi solusi. Program inu dikembangkan dengan tujuan

meningkatkan ketersediaan, akses dan pemanfaatan pangan bagi keluarga.

Harapannya, melalui Pekarangan Pangan Lestari akan menghasilkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, sekaligus untuk peningkatan pendapatan keluarga.