JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PERINGATAN HARI KRIDA PERTANIAN, BERSYUKUR ATAS HASIL YANG DICAPAI SEKALIGUS HARI MAWAS DIRI

Selasa, 23 Juni 2020 seluruh jajaran UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian mengikuti upacara peringatan Hari Krida Pertanian yang ke-48 yang jatuh pada tanggal 21 Juni. Untuk pertama kalinya, upacara berlangsung virtual yang dipandu langsung dari kantor Kementerian Pertanian RI di Jakarta.

Dalam upacara, dibacakan tentang arti Hari Krida Pertanian, yaitu penanda dari sisi astronomis karena pada tanggal 21 Juni posisi matahari memberikan tenaga kehidupan bagi tumbuh-tumbuhan, binatang dan manusia, berada pada garis Balik Utara (23 ½° LU). Pada saat itu keadaan proses produksi tanaman berakhir dan akan dimulai untuk persiapan produksi selanjutnya, demikian seterusnya sehingga para petani akan menyatakan rasa syukur atas panen raya.

Selain bersyukur dan berbangga hati, Hari Krida Pertanian juga diartikan sebagai hari mawas diri supaya insan pertanian tidak lengah dengan hasil yang dicapai, produksi tetap bagus dan meningkat.

Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H. yang bertindak selaku Pembina Upacara menyampaikan beberapa poin penting, yaitu 1) mengajak para petani dan masyarakat untuk membangun optimisme sektor pertanian agar masyarakat sadar bahwa pangan tidak boleh terhenti berproduksi, 2) pangan menjadi prioritas bagi negara, 267 juta rakyat masih akan terus butuh makan dengan pangan yang sehat, cukup, dan bergizi seimbang, 3) Negara hadir meningkatkan produksi nasional berbasis pertanian rakyat dan keberpihakan pada petani kecil dengan memperkuat program yang berpihak pada petani, 4) menjadikan semangat ini sebagai momentum bergesernya pola pertanian tradisional menjadi pola pertanian modern, dimana inovasi dan teknologi akan menjadi panglimanya, 5) melibatkan generasi muda dan start up, efisiensi tenaga kerja, dan perluasan pasar bagi industri serta bertumbuhnya ekspor pangan, 6) rasa syukur ketahanan pangan nasional Indonesia yang hingga saat ini terjaga dengan baik, produktivitas sejumlah komoditas strategis tidak menunjukkan perlambatan, 7) melakukan antisipasi terhadap kemarau panjang dengan mendorong percepatan tanam padi untuk 5,6 juta hektare pada musim tanam kedua di 33 provinsi, dan tentu saja 8) ucapan terima kasih kepada para petani yang tanpa lelah bekerja untuk pangan dan selalu hadir sebagai pahlawan bagi bangsa ini.

Pimpinan dan staf BPTP Banten mengikuti Upacara Peringatan Hari Krida Pertanian dari ruang AOR BPTP Banten. Acara berlangsung tertib dan diikuti dengan hikmat oleh seluruh peserta upacara.