JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Banten Dampingi Sekolah Lapang Jajar Legowo di Kabupaten Serang

BPTP Banten Dampingi Sekolah Lapang Jajar Legowo di Kabupaten SerangKementerian Pertanian melalui Dinas Pertanian Kabupaten Serang menyelenggarakan Sekolah Lapang bagi petani di Desa Cipayung dan Desa Batukuwung Kecamatan Padarincang.

Menurut Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Sekolah Lapang akan dilaksanakan selama 12 kali pertemuan selama 4 bulan yang telah berlangsung sejak 9 Juni.

Pada pertemuan ke-4, materi disampaikan oleh Ahmad Fauzan, SST Penyuluh BPTP Banten dengan topik "Sistem Tanam Jajar Legowo".

Dalam penjelasannya, Ahmad Fauzan menyampaikan bahwa selama ini terdapat sebagian petani yang beranggapan bahwa dengan menggunakan jajar legowo populasi padi menjadi berkurang. Sesungguhnya hal tersebut tidak benar. Justru dengan menggunakan jajar legowo dengan benar, petani akan mendapatkan populasi padi yang lebih banyak dari pada sistem tegel.

Kegiatan Sekolah Lapang ini diikuti oleh 5 Kelompok Tani yang berasal dari 2 Desa tersebut, yaitu Kelompok Tani Bakti Karya 1, Bakti Karya 2 ,Mekar Jaya 1, Sadar 1 dan Sadar 2.

Pada kesempatan pertemuan ini, peserta juga melaksanakan praktek penanaman dengan menerapkan sistim jajar legowo 2:1 dan 4:1.

Petani sangat antusias melakukan penanaman padi. Petani yang terdapat pada 5 kelompok tani dibagi menjadi 3 kelompok pengamatan. Ke depan, secara rutin petani akan melakukan pengamatan bersama-sama dengan kelompoknya. Untuk memudahkan pengamatan, pada pertanaman telah diberikan patok-patok sebagai tanda yang nantinya akan dijadikan sebagai sampel pengamatan.