JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Refugia, Jenis dan Manfaatnya

Refugia, Jenis dan ManfaatnyaMeskipun informasi tentang tanaman Refugia telah beberapa kali kami posting, namun besarnya manfaat dari tanaman ini menjadi alasan yang menarik minat kami untuk mengingatkan para petani untuk menanam jenis tanaman ini.

Tanaman refugia adalah tumbuhan baik tanaman maupun gulma yang tumbuh di sekitar tanaman yang dibudidayakan, berpotensi sebagai mikrohabitat bagi musuh alami baik predator maupun parasitoid, agar pelestarian musuh alami tercipta dengan baik.

Refugia merupakan tanaman yang sengaja ditanam di pematang sawah sebagai tempat tinggal musuh alami, dapat berupa tanaman palawija ataupun bunga-bungaan seperti bunga matahari, kenikir, bunga kertas.

Bagi musuh alami, tanaman refugia ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai sumber pakan dan tempat berlindung atau

tempat tinggal sementara sebelum adanya populasi hama di pertanaman.

Jenis-jenis tanaman yang berpotensi sebagai refugia antara lain: tanaman berbunga, gulma berdaun lebar, tumbuhan liar yang ditanam atau yang tumbuh sendiri di areal pertanaman, dan sayuran.

Disebutkan Horgan et.al (2016), kriteria tanaman yang berpotensi sebagai tanaman refugia yaitu: tanaman harus ditanam dari biji tanpa pindah tanam, tanaman harus cepat tumbuh, mudah dalam perawatan, tanaman memiliki nilai ekonomis bagi petani, tanaman dapat tumbuh dalam budidaya minimum, tanaman tidak disukai oleh hama utama, tanaman harus dapat menarik predator, parasitoid dan polinator.