JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mengetahui Fase dan Luasan Pertumbuhan Tanaman Padi melalui Aplikasi SC Sentinel-2

Mengetahui Fase dan Luasan Pertumbuhan Tanaman Padi melalui Aplikasi SC Sentinel-2Serang, 22/07/2020, untuk ketiga kalinya BPTP Banten melakukan sosialisasi secara virtual "SI KATAM dalam rangka Mendukung Percepatan Target Tanam khususnya di Provinsi Banten".

Kali ini, sosialisasi dilakukan untuk penyuluh dan stakeholder lainnya di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi untuk Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Hal yang menarik dari setiap acara ini adalah diperkenalkannya aplikasi Standing Crop (SC) Sentinel 2 kepada para peserta. Tidak hanya itu, oleh narasumber Dr. Kardiyono dan Tian Mulyaqin, SP, M.Si (Peneliti BPTP Banten) juga mengajak para peserta untuk praktek langsung penggunaan aplikasi tersebut.

Aplikasi SC Sentinel 2 telah tersedia di "Play Store" sehingga dengan mudah  untuk unduh dan nikmati manfaat penggunaannya.

Saat penggunaan aplikasi tersebut, jangan lupa agar sebelumnya mengaktifkan perangkat "GPS" pada perangkat handphone android masing-masing.

Selanjutnya pada aplikasi SC tersebut, dapat mengklik icon lokasi pada pojok kanan atas yang akan menandai titik lokasi. Secara otomatis kemudian akan muncul icon berwarna merah pada peta sebagai penanda posisi kita berada. Di sekeliling titik lokasi tersebut dapat mengetahui luas dan fase pertumbuhan tanaman padi yang ada yang ditandai dengan beragam warna sesuai dengan fase pertumbuhannya.

Pada aplikasi, kondisi di lapangan/pertumbuhan tanaman dibagi ke dalam 6 fase dengan 6 warna yang berbeda, yaitu fase air yang ditandai dengan warna biru, fase vegetatif (0-59 hari) yang ditandai dengan warna hijau muda, fase generatif 1/reproduktif (60-90) ditandai warna hijau tua, fase generatif 2/pemasakan (91-121 hari) ditandai dengan warna orange, fase bera ditandai dengan warna merah, dan fase awan yang berarti citra satelit terhalang oleh awan ditandai dengan warna abu-abu.

Tidak hanya di titik lokasi berada, bahkan juga dapat mengetahui bagaimana kondisi lapangan/sawah di wilayah lainnya dengan cara mengetik nama kecamatan, kabupaten dan provinsi pada tempat yang disediakan di pojok kiri atas.

Selain itu, bila ingin mengetahui posisi BPP terdekat, silahkan klik "BPP" pada icon di pojok kiri bawah. Demikian pula bila ingin mengetahui kondisi nasional, tinggal "NASIONAL" di pojok kiri bawah.

Hal menarik lainnya, data yang dibutuhkan seperti data-data fase pertumbuhan dan luasannya dapat tersaji dalam bentuk tabel pdf sehingga memudahkan dalam pemanfaatan data-data tersebut.

Sistem Informasi Standing crop ini selain berbasis android dan memanfaatkan citra satelit sentinel 2, aplikasi ini memiliki ruang lingkup (cakupan) dengan Luas Baku Sawah (LBS) yang sudah ditetapkan bersama oleh BPS, BIG, LAPAN dan Kementan seluas 7,4 juta hektar yang terbagi ke dalam masing-masing level Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga tingkat Desa dengan mengacu pada peta administrasi terbaru.