JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mengantisipasi Ledakan Hama melalui Pergiliran Varietas

Mengantisipasi Ledakan Hama melalui Pergiliran VarietasTemu Teknologi dengan topik "Mengantisipasi Ledakan Hama Melalui Pergiliran Varietas" akan mengupas tuntas tujuan pergiliran varietas tanaman padi dan perannya dalam memutus serangan hama, yang akan dihantarkan oleh Sri Kurniawati, SP, M.Si, peneliti dengan kepakaran hama dan penyakit tanaman sekaligus penanggung jawab Unit Produksi Benih Sumber (UPBS) BPTP Banten.

Kisahnya, di suatu waktu di tahun 2018 kami bertemu Pak Uje, seorang petani di Cimanuk Kabupaten Pandeglang yang saat itu sedang panen padi dengan hasil panen yang memuaskan.

Pak Uje yang ramah dan murah senyum menjelaskan bahwa salah satu penyebab hasil panennya selalu bagus adalah karena beliau rajin melakukan pergiliran varietas tanam.

Saat itu, Pak Uje menjelaskan bahwa pergiliran varietas yang telah dilakukan di lahannya telah berhasil memutus perkembangan hama tanaman, terutama hama wereng batang coklat. Varietas Ciherang digilir dengan Varietas Unggul Baru (VUB) seperti Inpari 32 dan Mekongga.

Pak Uje juga mengakui bahwa selain memutus perkembangan hama, penggunaan VUB juga secara nyata telah meningkatkan produktivitas tanaman.

Tidak hanya Pak Uje yang melakukan pergiliran varietas, tetapi juga ada petani -petani lainnya yang kami jumpai di Kabupaten Serang, KabupatenTangerang, Kabupaten Lebak, dan Kota Serang dan menyampaikan bahwa hasil panennya memuaskan.

KUOTA TERBATAS ..........