JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Eucalyptus Untuk Pencegahan Corona Dibagikan kepada Pegawai BPTP Banten

Eucalyptus Untuk Pencegahan Corona Dibagikan Kepada Pegawai BPTP BantenPandemi Covid-19 yang melanda negeri ini, membuat setiap orang berupaya melakukan pencegahan agar terhindar dari paparan virus tersebut dan agar tidak meluas penyebarannya.

Sebagai ikhtiar upaya pencegahan Covid-19, BPTP Banten telah membagikan produk Eucalyptus kepada seluruh pegawai. Setiap pegawai mendapatkan produk Eucalyptus berupa roll on dan inhaler.

Eucalyptus merupakan produk aromatherapy hasil karya peneliti Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian.

Sebelum dilanching dan beredar luas ke masyarakat, Eucalyptol telah diuji di laboratorium secara invitro, dan molekuler docking, di mana laboratorium ini sdh mempunyai sertifikat Biosavety Level 3 (BSL3).

Berdasarkan keterangan peneliti Badan Litbang Pertanian, Dr. Drh. NLP Indi Dharmayanti, M.Si, Eucalyptol telah diujikan terhadap beberapa tipe corona virus seperti Avian influenza/H5N1, beta Corona, dan Gamma Corona. Perlu diketahui bahwa Covid-19 (SARSCov-2) termasuk dalam beta corona virus.

Hasilnya menunjukkan bahwa eucalyptol bisa membunuh 80~100%. Mekanismenya, eucalyptol mengikat Main Protease (Mpro) pada virus yang berfungsi untuk mereplikasi diri (red: berkembang biak). Eucalyptol juga dapat berinteraksi dengan transient receptor potential ion chanel yang berada di saluran pernafasan.

Badan Litbang Pertanian juga telah melakukan penelitian end product berbasis Eucalyptus di atas dengan nano teknologi. Hasilnya telah diwujudkan dalam beberapa varian produk yaitu inhaler, roll on, balsem, dan kalung Eucalyptus. Saat ini, yang telah mendapatkan ijin edar di pasaran adalah produk inhaler dan roll on.

Produk tersebut kini telah tersedia banyak di toko-toko online.