JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Top Working Upaya Perbaikan Kualitas Tanaman Durian

Top Working Upaya Perbaikan Kualitas Tanaman DurianBulan Februari tahun ini, kami sudah pernah memposting tentang Top Working khususnya pada tanaman durian.

Namun, teknologi ini perlu kami ulas kembali karena sangat penting dilakukan untuk memperbaiki kualitas tanaman.

Umumnya tanaman yang mendapat perlakuan Top Working merupakan jenis tanaman dengan varietas yang tidak jelas dan memiliki kualitas serta produktivitas yang rendah sehingga perlu diganti dengan jenis dan varietas unggul yang memiliki kualitas dan produktivitas yang baik.

Top working tanaman dilakukan dengan cara mengganti varietas suatu tanaman yang ada dengan varietas baru tanpa harus mematikan tanaman tersebut.

Teknik perbaikan dilakukan dengan cara okulasi, sambung pucuk/tunas, tempel, sambung samping dengan menggunakan entres yang berasal dari tanaman induk yang sehat dan berasal dari varietas unggul yang memiliki kualitas dan produktivitas yang tinggi serta disukai masyarakat.

Top Working Upaya Perbaikan Kualitas Tanaman DurianDalam upaya memperbaiki kualitas dan produksi durian, Dinas Pertanian Provinsi Banten telah melaksanakan Kegiatan Top Working tanaman durian secara marathon pada Bulan Agustus 2020.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Pertanian Provinsi Banten menggandeng BPTP Banten yang diwakili oleh Kartono, SP, M.Si (Penyuluh Madya) dan Ahmad Fauzan, SP (Penyuluh Muda) untuk melakukan pendampingan teknologi Top Working.

Sasaran Top Working adalah tanaman durian di lahan petani yang tumbuh secara alami dan berasal dari jenis dan varietas tidak jelas.

Kelompok Tani sasaran kegiatan Top Working adalah Poktan Tunas Mandiri, Desa Sasahan, Kecamatan Waringinkurung dan Poktan Karya Tunas Mandiri di Desa Curug Sulanjana, Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang. Selain itu, juga dilakukan di Kabupaten Lebak pada tanaman milik anggota Poktan Bokor Kencana, Kecamatan Gunung Kencana, dan Poktan Super Farm, Kecamatan Cikulur.

Entres yang digunakan adalah entres dari varietas Si Seupah yang telah terkenal di Banten sebagai salah satu pemenang dalam kontes durian beberapa tahun silam.