JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bupati Pandeglang Terima Kunjungan Kepala BPTP Banten

Bupati Pandeglang Terima Kunjungan Kepala BPTP BantenDi sela-sela kesibukan sebagai Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita, S.E.,M.M. menerima kunjungan rombongan BPTP Banten yang dipimpin oleh Kepala BPTP Banten Dr. Ismatul Hidayah, S.P.,M.P.

Bupati Pandeglang sangat mengapresiasi pendampingan BPTP Banten selama ini terhadap kegiatan pertanian di wilayah ini.

Turut serta dalam rombingan tersebut adalah Kasie KSPP BPTP Banten ST. Rukmini, SP, M.Si, Koordinator Program Dr. Andy Saryoko, S.P.,M.P., dan penelii SDG Zuraida Yursak, S.P.,M.Si dengan membawa serta petani pemilik pohon induk dan penangkar varietas lokal Pandeglang, yaitu: Bapak Akwang (Pemilik Alpukat Chengko dari Kecamatan Majasari), Bapak Ashari (Pemilik Durian Sicayut dari Kecamatan Majasari) dan Bapak Samuti (Pemilik Petai Simanis dari Kecamatan Kaduhejo), serta Bapak Kartawijaya (Penangkar Petai Simanis) dan Bapak Andri (Pengembang Alpukat Chengko).

Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi Djanuardi, SP, MM, Kabid. Hortikultura, Kabid. Tanaman Pangan, penyuluh yang aktif mengembangkan Talas Beneng beserta staf Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang.

Bupati Pandeglang Terima Kunjungan Kepala BPTP BantenTerdapat 3 hal pokok yang menjadi maksud dari kunjungan ini, yaitu Kepala BPTP Banten melakukan penyerahan ke Bupati Pandeglang berupa: 1) produk Eucalyptus dalam bentuk kalung aromatherapy, roll on dan inhaler sebagai upaya pencegahan corona, 2) Buku 600 Teknologi Inovatif Badan Litbang Pertanian, dan 3) Sertifikat Tanda Daftar Varietas Lokal berupa Durian Sicayut, Petai Simanis, dan Alpukat Chengko.

Terkait dengan Talas Beneng yang merupakan varietas lokal komoditas ekspor Pandeglang, Kepala BPTP Banten menyampaikan bahwa saat ini sedang menunggu SK Pelepasan Varietas tersebut.

Bupati Pandeglang menyampaikan terima kasih atas produk eucalyptus yang diberikan dan menyatakan kesukaannya akan fungsi produk tersebut untuk pencegahan Corona. Bupati Pandeglang juga menyampaikan terima kasih atas buku yang diserahkan karena menurutnya buku tersebut sangat bermanfaat bagi pertanian Kabupaten Pandeglang.

Bupati juga mengapresiasi upaya BPTP Banten dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pendaftaran varietas lokal Pandeglang. Dan berharap semoga prosesnya lancar sehingga dapat dilepas sebagai varietas lokal Pandeglang.

Kadistan Pandeglang menyampaikan bahwa terhadap Talas Beneng, hal utama yang akan dilakukan saat ini adalah perluasan pengembangan budidaya karena kuota ekspor yang tersedia saat ini belum dapat terpenuhi semua. Kuota masih tersedia banyak.

Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari semua pihak. BPTP Banten akan turut membantu pendampingan budidaya terkait perluasan areal penanaman Talas Beneng. Bupati menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung pengembangan dan peluasan areal penanaman komoditas tersebut.

Talas Beneng sangat menguntungkan karena baik daun dan umbinya menjadi komoditas ekspor dengan nilai jual yang cukup menggairahkan. Umbi Talas Beneng telah diekspor ke Negara Belanda. Dan akan diperluas ke negara lainnya. Sementara itu, daun Talas Beneng telah diekspor ke Australia. Konon kabarnya, di Negeri Kanguru tersebut, daun Talas Beneng dijadikan sebagai bahan rokok herbal.