JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ayam KUB Semakin Diminati Masyarakat

Ayam KUB Semakin Diminati MasyarakatSejak kami melaunching Layanan SILINCAH dan sosialisasi teknologi budidaya Ayam KUB, peminat DOC

Ayam KUB semakin menunjukkan peningkatan, baik dalam bentuk perorangan maupun kelompok, salah satunya adalah Kelompok Wanita Tani (KWT).

Beternak Ayam KUB menjadi salah satu jawaban aktivitas ekonomi yang memungkinkan dilakukan oleh masyarakat pada lingkungan yang sesuai di masa pandemi Covid-19.

Hal itulah yang dilakukan oleh KWT Griya Karya Mandiri yang berlokasi di Cibugel, Cisoka Kabupaten Tangerang. KWT tersebut mengajak anggotanya mengikuti pelatihan budidaya Ayam KUB pada Selasa lalu (08/09/2020) dengan mengundang BPTP Banten sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala BPTP Banten Dr Ismatul Hidayah, SP, MP, peneliti BPTP Banten Dewi Hariyani, SPi, M.Si, dan Penyuluh BPTP Banten: Eka Yuli Susanti, STP, dan Iin Setyowati, SP, MSc.

Kegiatan berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan seperti seluruh peserta menggunakan masker dan jaga jarak.

Mengawali acara, Endang selaku Ketua KWT menyampaikan bahwa

KWT Griya Karya Mandiri telah merintis kelompok percontohan pertanian terpadu mandiri pangan yang mampu menyediakan pangan untuk keluarga dengan membudidayakan tanaman dan sumber protein seperti ikan dan ayam.

Lebih lanjut, Endang menyampaikan bahwa KWT berharap pendampingan dalam budidaya ayam terus dapat dilakukan hingga mandiri sehingga tujuan yang diinginkan tercapai, yaitu penyediaan pangan protein dan menjadi sumber tambahan penghasilan masyarakat di masa pandemi.

Kegiatan pelatihan di KWT Griya Karya Mandiri juga diapresiasi oleh Ketua RT setempat yang menyempatkan diri menghadiri acara tersebut dan menyampaikan sambutan. Ketua RT menyambut baik acara tersebut, dan berharap KWT dapat melakukan budidaya Ayam KUB yang tidak menimbulkan polusi/bau bagi masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPTP Banten Dr. Ismatul Hidayah, SP, MSi menyampaikan beberapa hal meliputi tupoksi BPTP sebagai kepanjangan tangan Kementerian Pertanian di daerah dan berbagai kegiatan BPTP dalam rangka optimalisasi lahan pekarangan.

Kepala BPTP Banten juga menyampaikan bahwa BPTP selalu siap melakukan pendampingan KWT dalam mewujudkan kelompok mandiri pangan dalam budidaya tanaman dan Ayam KUB di pekarangan secara sehat.

Materi Teknologi Budidaya Ayam KUB disampaikan oleh Dewi Hariyani, SPi, M.Si, meliputi pengenalan Ayam KUB, keunggulannya, dan cara pemeliharaan Ayam KUB, yang diiringi diskusi dengan peserta.

Sebagai stimulus, BPTP Banten memberikan DOC Ayam KUB kepada KWT Griya Karya Mandiri yang diterima langsung oleh Ketua KWT.

Acara diakhiri dengan panen bersama sayuran hidroponik yang dikelola KWT.