JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

GratiEks, Pacu Komoditas Ekspor Pertanian Banten

GratiEks, Pacu Komoditas Ekspor Pertanian Banten Rabu (09/09/202), Kepala BPTP Banten Dr. Ismatul Hidayah, SP, MP hadiri pertemuan pembahasan Program GratiEks Banten yang berlangsung di Hotel Le Dian - Serang. Pertemuan yang dilaksanakan dalam rangka mensukseskan Program Nasional 1000 Desa GratiEks tersebut diselenggarakan oleh Karantina Pertanian Cilegon.

GratiEks (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor) merupakan gerakan sebagai ajakan pemerintah kepada seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian untuk melipatgandakan lalu lintas ekspor menjadi tiga kali lipat dengan memanfaatkan teknologi, inovasi, jejaring dan kerjasama yang kuat.

GratiEks menjadi langkah strategis dan merupakan program jangka panjang dalam meningkatkan produksi hingga 7% per tahun. Gerakan ini juga diyakini akan mendorong pembukaan jutaan lapangan kerja di sektor pertanian. Upaya ini sekaligus merealisasikan arahan Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H dalam mendorong roda ekonomi nasional.

Dalam rangka mensukseskan 1000 Desa GratiEks, Karantina Cilegon telah menetapkan 29 Desa dengan 3 komoditas ekspor dari 3 wilayah kabupaten di Provinsi Banten, yaitu Kab. Lebak, Kab. Serang, dan Kab. Pandeglang.

Menurut Kepala Karantina Pertanian Cilegon drh. Arum Kusnila Dewi, M.Si, tiga komoditas yang ditetapkan yaitu buah manggis, daun talas beneng dan melon emas yang merupakan komoditas unggulan ekspor Banten. Ketiga komoditas tersebut akan dipacu dan didorong ekspornya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, koordinasi lintas instansi diperlukan. Untuk itu, selain Kepala BPTP Banten, dalam pertemuan tersebut juga hadir Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Ir. H. Agus M. Tauchid S. M.Si, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang H. Budi S Januardi, SPt, MM, Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Cilegon, Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Kodim Cilegon, Polres Cilegon, dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak.