JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Unit Kerja Informatif, Wujud Tanggung Jawab Lembaga Publik

Unit Kerja Informatif Wujud Tanggung Jawab Lembaga PublikSelasa, 15/09/2020 BPTP Banten mendapat anugerah Peringkat VII sebagai Unit Kerja Informatif Kategori Eselon III lingkup Kementerian Pertanian dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Lingkup Kementan Tahun 2020.

Acara tersebut digelar oleh PPID Utama Kementan yang berlangsung dari Ruang Teater Lantai Dasar Gedung Pusat Informasi Agribisnis - Kementerian Pertanian.

Selain BPTP Banten, penghargaan Unit Kerja Informatif juga diraih oleh BPTP Jambi (Peringkat VI), BPTP Papua (Peringkat VIII), dan BPTP Bengkulu (Peringkat X).

Pada lingkup Eselon II, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) meraih kategori khusus dengan predikat Pengorganisasian dan Strategi Pelayanan Informasi Publik Terbaik Unit Kerja Eselon II. Dan yang lebih membanggakan adalah pada kategori Eselon I, Badan Litbang Pertanian mendapat Peringkat I KIP 2020. Dengan demikian, terwujud keselarasan dari Pusat hingga Unit Kerja di daerah untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Unit Kerja Informatif, Wujud Tanggung Jawab Lembaga PublikPenghargaan tersebut akan memacu peningkatan kinerja tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) melalui keterbukaan informasi yang merupakan kewajiban sebuah lembaga publik sebagaimana amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang KIP.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa transparansi adalah penting dalam manajemen. Transparansi akan sangat terkait dengan partisipasi publik dalam kegiatan pembangunan pertanian.

Dr. Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr (Kepala Biro Humas dan Informasi Publik- Kementan) selaku Ketua Panitia acara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi dalam rangka mengukur kinerja keterbukaan informasi publik UK/UPT lingkup Kementan.

Romanus Ndau dari Komisi Informasi Pusat dalam sambutannya menegaskan bahwa keterbukaan informasi adalah untuk mewujudkan public trust.

Sementara itu, Tya Tirtasari, MSi (Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat) selaku Ketua Tim Juri menegaskan bahwa ajang anugerah informasi publik bukan ajang kontestasi tapi sebagai bentuk pengawalan dan terwujud kesepakatan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan informasi publik karena Kementan adalah Badan Publik yang berada pada cluster tertinggi KIP yaitu sebagai Badan Informatif. Lebih lanjut disampaikan bahwa Kementan adalah satu-satunya Kementerian yang melakukan penandatanganan Komitmen KIP dari jajaran Eselon I hingga Eselon III (Kepala UK/UPT). "Sistem sudah dibuat oleh Kementan sehingga bila ada pergantian pejabat maka tidak ada masalah", jelas Tya

Selanjutnya, Sekretaris Jenderal Kementan Dr. Ir Momon Rusmono, MS dalam kegiatan penganugerahan tersebut menyampaikan bahwa acara ini berorientasi memberikan semangat kepada jajaran pertanian dalam bekerja melayani masyarakat. Untuk itu, Momon mengajak semua unsur yang hadir untuk selalu semangat dalam bekerja. "Mari bekerja keras dan tetap semangat dengan berorientasi pada ketersediaan pangan untuk 267 jiwa penduduk Indonesia", jelas Momon Rusmono.

Di akhir acara, dilakukan dengan penandatanganan Komitmen KIP dari Seluruh Pejabat Eselon I Lingkup Kementan sebagai bentuk komitmen yang kuat untuk mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik.

Akhirnya, selamat dan sukses kami ucapkan atas kerjasama tim sehingga BPTP Banten mendapat anugerah peringkat VII Unit Kerja Informatif. Dan selamat dan sukses kepada semua pemenang lingkup Balitbangtan.

Dan tetap semangat kepada semua tim PPID BPTP lainnya dan UPT lainnya karena keberadaan PPID di masing2 Unit Kerja Lingkup Balitbangtan khususnya dan Kementan umumnya telah saling memperkuat dan mensuppport untuk memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat.