JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Gapoktan Taruna Mekar - Pandeglang: Nominator Pemenang Championship Kinerja Klaster Cabai Bank Indonesia Tahun 2020

Gapoktan Taruna Mekar - Pandeglang: Nominator Pemenang Championship Kinerja Klaster Cabai Bank Indonesia Tahun 2020Pandeglang dikenal sebagai salah satu wilayah produsen utama tanaman hortikultura di Provinsi Banten. Agroekosistim wilayah ini sangat mendukung pengembangan aneka tanaman sayuran dan buah.

Gapoktan Taruna Mekar yang berlokasi di Desa Pamarayan Kecamatan Jiput adalah salah satu Gapoktan yang sukses mengembangkan tanaman hortikultura di Kabupaten Pandeglang.

Produksi utamanya adalah cabai keriting dengan hasil rata-rata tahun ini adalah 14 ton/ha. Gapoktan ini juga menerapkan budidaya dengan sistim rotasi tanaman, yaitu musim tanam I cabai, II melon, III kacang panjang, dan IV kembali ke cabai. Dengan demikian, sepanjang tahun Gapoktan ini berproduksi.

Gapoktan Taruna Mekar telah menjadi Klaster Cabai Binaan Bank Indonesia sejak tahun 2015, dan tahun ini telah dinilai sebagai klaster yang telah mandiri. Cabai yang dihasilkannya tidak hanya dijual dalam bentuk segar tetapi juga dalam bentuk olahan, yaitu pasta cabai dan telah memiliki pasar yang jelas, yaitu sentra industri balado emping yang ada di Desa Banyuresmi Kecamatan Jiput.

Adalah Agus Cahyadi, Ketua Gapoktan bersama Ahmad Suherlan (Sekretaris) dan Maman Suparman (Bendahara) telah mengelola klaster ini dengan baik sehingga tahun ini telah masuk dalam nominasi 3 (tiga) besar nasional dalam Program Penilaian Championship Kinerja Klaster Cabai Bank Indonesia Tahun 2020.

Berbagai instansi berperan dalam pengembangan Klaster Cabai Taruna Mekar baik BPTP Banten, Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Pemerintah Desa Pamarayan, maupun pihak-pihak lainnya.

BPTP Banten sejak tahun 2017 melakukan pendampingan teknologi pertanian khususnya penggunaan pupuk berimbang dan pengendalian hama dan penyakit tanaman cabai bagi Klaster Cabai Taruna Mekar.

Salah satu anggota mengakui bahwa sejak bergabung dalam Klaster Cabai Taruna Mekar, produksi cabainya meningkat lebih dari 100 %.

Kami BPTP Banten menyampaikan selamat atas kesuksesan Klaster Cabai Taruna Mekar. Semoga klaster ini jadi JUARA dalam Program Penilaian Championship Kinerja Klaster Cabai Bank Indonesia tahun 2020 karena klaster ini memang layak jadi JUARA. Aamiin YRA.