JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kerjasama BPTP Banten dengan LPPM IPB: Sukses Panen Padi

Kerjasama BPTP Banten dengan LPPM IPB: Sukses Panen PadiPelaksanaan kerjasama yang dilakukan BPTP Banten dengan LPPM IPB Bogor tahun ini menghadapi tantangan akibat pandemi Covid-19.

Di awal Bulan Juni 2020, BPTP Banten dan LPPM IPB sepakat menjalin kerjasama dalam rangka penelitian dan publikasi karya ilmiah pada topik yang berfokus pada "Penyusunan Indeks Kualitas Tanah dan Kaitannya dengan Produksi Tanaman Pangan (Padi dan Jagung) di Provinsi Banten".

Pelaksanaan penelitian dilakukan pada lahan IP2TP Singamerta, milik BPTP Banten.

Pekan lalu, telah dilakukan panen padi pada lahan yang merupakan demplot dari penelitian tersebut. Pertumbuhan padi hingga panen memuaskan dan tampak sesuai dengan perlakuan yang diberikan. "Secara umum kami puas dengan hasil yang ditunjukkan oleh performa pertumbuhan padi" ucap Dr. Latief, Ketua Peneliti dari LPPM IPB.

Meski pandemi, tim bekerja kompak dan menyusun strategi, serta melakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat sehingga panen padi pada lokasi kajian telah sukses dilakukan.

Selanjutnya tim segera akan melakukan analisis terhadap hasil yang diperoleh, baik terhadap analisis tanah maupun terhadap produksi tanaman, melakukan uji laboratorium dan indeks kualitas tanah.

BPTP Banten senantiasa terbuka untuk melakukan kerjasama, tidak membatasi pada kerjasama penelitian tetapi juga kerjasama dalam rangka penyebarluasan informasi teknologi. Oleh karena itu, BPTP Banten mengajak kepada berbagai pihak untuk saling bersinergi memperkuat dan memperluas jaringan penelitian dan diseminasi informasi hasil penelitian.