JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Banten Salurkan Bantuan Benih Padi ke Wilayah yang Terdampak Banjir Bandang Kabupaten Lebak

BPTP Banten Salurkan Bantuan Benih Padi ke Wilayah yang Terdampak Banjir Bandang Kabupaten LebakHari ini, BPTP Banten memberikan bantuan benih padi kepada dua wilayah kecamatan di Kabupaten Lebak dengan jumlah total 1.03 ton, masing-masing 930 kg untuk Kecamatan Bojongmanik dan 100 kg untuk Kecamatan Sobang. Benih bantuan tersebut merupakan produksi dari UPBS BPTP Banten.

Pemberian bantuan tersebut terkait dengan bencana banjir bandang yang telah menimpa persawahan di Kabupaten Lebak khususnya yang ada di Kecamatan Bojongmanik.

Pertengahan Bulan September lalu, Sungai Ciujung yang merupakan salah satu sumber pengairan sawah di Kecamatan Bojongmanik meluap karena jebolnya tanggul sungai tersebut sepanjang 20 meter.

Curah hujan yang sangat lebat tidak mampu dibendung oleh tanggul Sungai Ciujung sehingga mengakibatkan terjadinya banjir bandang yang menimpa lahan sawah Kelompok Tani Intisari-2 yang berada di Desa Parakanbeusi Kecamatan Bojongmanik Kabupaten Lebak.

Banjir bandang tersebut mengakibatkan kerugian seluas 37,5 hektar padi yang siap panen dan padi yang sedang proses panen.

Bantuan benih padi diserahkan langsung oleh Kepala BPTP Banten Dr. Ismatul Hidayah, S.P., M.P dan diterima oleh Camat Bojongmanik Dadan Juanda, Sos, M.M dengan disaksikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Rahmat Yuniar, S.P., M.Si, Korluh BPP Bojongmanik Irwan Setiawan, Kelompok Tani, Danramil, dan PPL.

Benih padi selanjutnya diserahkan oleh Camat Bojongmanik kepada Ketua Kelompok Tani Intisari-2 Supriyanto untuk didistribusikan kepada anggotanya.

Camat Bojongmanik sangat mengapresiasi bantuan tersebut dan mengharapkan para petani memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Benih padi varietas Inpago-8 akan ditanam di blok Sabrang seluas 20 hektar, dan sisanya di blok Tarikolot”, ucap Irwan Setiawan, Korluh Bojongmanik.