• cover-website-copy.jpg

BPTP Banten Gelar Bimtek Perkandangan Domba di Cikeusal - Serang

Domba merupakan salah satu komoditas ternak yang terus digalakkan diseminasinya oleh BPTP Banten. Domba telah menjadi salah satu sumber perekonomian masyarakat, terlebih menjelang perayaan Idul Adha.
 
Dalam rangka mendorong produksi domba yang berkualitas, BPTP Banten telah menggelar Bimtek Perkandangan Domba pada akhir bulan lalu (25/08/2021) di Cikeusal Kab. Serang.
 
Bimtek tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Diseminasi Inovasi Teknologi dan Pengembangan Benih Sumber Balitbangtan yang dilaksanakan oleh BPTP Banten tahun ini.
 
Bimtek bertempat di lokasi Akbar Farm Cikeusal Kabupaten Serang. Acara dihadiri oleh Kepala BPTP Banten, perwakilan dari kantor Kecamatan Cikeusal, Korluh Kecamatan Cikeusal, Praktisi Ternak Domba dari Akbar Farm, PPL Kecamatan Malingping, PPL Kecamatan Wanasalam, Peternak dari Kecamatan Malingping sebanyak 4 orang, dan Peternak dari Kecamatan Wanasalam 4 orang.
 
Kepala BPTP Banten Dr. Ismatul Hidayah, SP, MP dalam sambutannya menekankan bahwa kegiatan bimtek ini dilakukan sebagai bentuk persiapan menjelang datangnya bantuan bibit domba dengan membekali petani/peternak khususnya tentang teknologi perkandangan domba
 
Pemateri utama adalah dari Dinas Pertanian Kab. Serang, yaitu Murtala Ahmed. Acara ini dimoderatori oleh penyuluh BPTP Banten, Kartono S.P, M.Si.
 
Penyampaian materi diawali dengan 3 faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha ternak domba yaitu bibit, pakan dan manajemen. Bibit memegang peranan sebesar 80% dalam hal usaha peternakan domba. Ahmed mengutarakan ciri-ciri kuantitatif dan kualitatif bibit pejantan atau betina yang baik.
 
Selanjutnya pemateri membahas tentang jenis-jenis hijauan pakan beserta kandungan zat gizinya. Variasi jenis hijauan yang diberikan akan menambah kualitas pakan. Hijauan jenis legum atau kacang-kacangan sebagai sumber protein untuk domba. Kebutuhan protein untuk domba sebesar 11% . Kebutuhan pakan hijauan rumput adalah sebesar 15% dan 3% untuk leguminosa dari Berat Badan (BB) hidup.
 
Untuk efisiensi waktu dan tenaga serta semakin langkanya hijauan pakan, maka seyogyanya peternak menanam hijauan pakan untuk penyediaan pakan.
 
Pada acara ini juga dibahas tentang tata cara pemberian pakan hijauan ke ternak domba, manajemen pemeliharaan ternak domba dari sejak awal datang hingga berkembang biak.
 
Kegiatan Bimtek diakhiri dengan kunjungan lapang ke Kandang domba Akbar Farm. Para peserta diajak untuk melihat bagaimana perkandangan domba yang sesuai dengan standar. Pada sesi ini, acara dipandu oleh pemilik dari Akbar Farm, Agus dengan memberikan beberapa pengetahuan penting ke peserta, antara lain menyampaikan bahwa pada prinsipnya bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan kandang tidak harus mahal tapi yang penting nyaman bagi ternak dan memenuhi standar kesehatan kandang. Agus juga menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan kandang dari urin dan kotoran ternak. Kandang harus dikontrol setiap hari untuk memastikan keamanan dan kenyamanan kandang bagi ternak. Kandang domba yang ada di Akbar Farm menggunakan sistem knock down artinya tempat pakan bisa dicabut atau dilepas menjadi pintu untuk keluar masuk ternak domba.

.