• cover-website-copy.jpg

Kerjasama Pendampingan Hidroponik di Lapas Kelas IIA Serang Membuahkan Hasil

Tahun ini, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang melakukan kerjasama dengan BPTP Banten dalam hal pendampingan perakitan instalasi dan budidaya tanaman secara hidroponik.
 
Kerjasama tersebut melibatkan 20 warga binaan Lapas Kelas II A Serang yang telah terseleksi oleh Pihak Lapas. Kepala Lapas menyampaikan bahwa tujuan pendampingan tersebut adalah sebagai bekal saat kembali dalam masyarakat sehingga para warga binaan dapat bertanggung jawab dan tidak mengulangi perbuatannya lagi. Selain itu, pelatihan ini dimaksudkan agar para warga binaan menjadi tenaga kerja yang tetap dapat bersaing dengan masyarakat lainnya.
 
Pendampingan hidroponik dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan yang dikoordinasikan oleh Sub Koordinator KSPP BPTP Banten, ST. Rukmini, SP M.Si. Setiap pertemuan diisi dengan materi yang berbeda. Narasumber kegiatan merupakan penyuluh ( Eka Rastiyanto, SP, M.Agr), dan teknisi litkayasa BPTP Banten (Ahmad Makmur, R Doni Purnomo, dan Dwi Fitriani).
 
Materi pendampingan antara lain berupa: pengenalan hidroponik, prinsip utama budidaya hidroponik, pengenalan berbagai macam instalasi hidroponik, teknis pembuatan instalasi hidroponik (praktek), dan teknik meracik dan menyusun formula nutrisi tanaman.
 
Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pendampingan tersebut.
 
Kini, warga binaan Lapas Kelas 2 A Serang telah melakukan panen perdana tanaman hidroponik, yaitu pakcoy dan kangkung. Warga binaan sangat puas dengan hasil panennya.
 
Instalasi hidroponik tersebut kini telah diisi lagi dengan tanaman yang baru sehingga kegiatan budidaya sayuran tetap berkelanjutan.

.