JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Alsin

Penyuluh dan Peneliti BPTP Banten berkolaborasi menyusun buku saku yang berisi deskripsi varietas padi sawah dan padi gogo, dengan harapan bisa diunduh untuk diprint seukuran kertas A6 guna memenuhi kebutuhan bahan penyuluhan di lapangan. Bahan asal pembuatan buku ini bersumber dari informasi Balai Besar Penelitian Padi, Badan Litbang Pertanian

SELENGKAPNYA .....

Kegiatan agribisnis meliputi tiga sub sistem, yaitu subsistem pra produksi, produksi, dan pemasaran. Dalam subsistem pra produksi, ketersediaan benih/ bibit merupakan prioritas yang perlu diperhatikan, karena keberhasilan agribisnis akan bergantung pada penyediaan sarana produksi, diantaranya benih bermutu. Benih bermutu adalah benih yang baik dan bermutu tinggi yang menjamin pertanaman bagus dan hasil panen tinggi. Saat ini, benih bermutu dicerminkan oleh keseragaman biji, daya tumbuh, dan tingkat kemurnian yang tinggi.

Untuk menghasilkan benih padi bermutu minimum memperhatikan dua prinsip penting, yaitu prinsip genetis dan agronomis.

SELENGKAPNYA .....

Teknologi Budidaya Bawang MerahBawang merah adalah salah satu komoditas penting di Indonesia. Spesies bawang merah yang banyak ditanam di Indonesia terdiri atas 2 macam, yaitu bawang merah biasa atau shallot alias sylot (Allium ascalonicum L.), dan bawang merah sebenarnya atau disebut bawang bombay, bawang timur alias “onion” (Allium cepa L). Bawang merah termasuk ke dalam tanaman rempah bahan pangan keluarga bersama dengan ketumbar dan bawang putih.

SELENGKAPNYA ...

Buidaya Kedelai Tahan NaunganKedelai Glycine max Merr.) yang merupakan salah satu sumber protein tinggi bagi masyarakat. Ironinya provinsi Banten hanya mampu mencapai angka produktivitas 1,3 ton/ha dibandingkan dengan dengan potensi produksi varietas unggul yang bisa mencapai 2-3 ton per ha. Salah satu penyebab rendahnya produktivitas kedelai di Provinsi Banten dikarenakan pengembangan kedelai yang belum maksimal terutama dalam hal pemanfaatan lahan kehutanan/perkebunan. Menjawab permasalahan tersebut dapat dilakukan upaya peningkatan produksi kedelai dengan teknologi budidaya kedelai toleran naungan (BUDENA).

SELENGKAPNYA .....

WBC (wereng batang coklat) merupakan salah satu hama penting tanaman padi. Wujudnya yang kecil namun serangannya dapat mengakibatkan petani gagal panen. Kerusakan yang ditimbulkan oleh hama ini adalah tanaman menjadi kering seperti jerami atau yang dikenal dengan “hopper burn”. Sesuai dengan tipe alat mulutnya yaitu menusuk dan menghisap cairan pada batang tanaman padi. Kerusakan lainnya adalah dapat menularkan penyakit kerdil rumput dan kerdil hampa. Tanaman padi yang telah terinfeksi virus kerdil rumput dan kerdil hampa ini tidak akan menghasilkan malai. Meskipun tanaman menghasilkan malai, namun tidak akan berkembang sempurna dan bulir padi menjadi hampa.

 

SELENGKAPNYA .....