Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Katuk dengan Pemberian Ekstrak Bawang Merah

Parent Category: Program Utama Written by Fitria (mhs Untirta KKP 2013) Hits: 3150

Katuk (Sauropus androgynus) merupakan tanaman sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara, termasuk tanaman yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan sayur oleh masyarakat. Katuk pada kebanyakan masyarakat dimanfaatkan sebagai sayuran yang berguna untuk ibu menyusui saja, padahal katuk juga memiliki manfaat lain yang dapat digunakan sebagai antimikroba, antikangker, meningkatkan sistem imun pada tubuh karena memiliki kandungan Saponin, menurunkan panas dan demam.

Perbanyakan katuk dapat di perbanyak dengan cara stek batang. Batang yang baik untuk perbanyakan adalah pada bagian tengah dengan panjang 20-30 cm dan mata tunas sebanyak 3 buah. Tanaman katuk dapat di tanam pada pekarangan rumah, kebun atau menggunakan pot dan polybag.

Untuk mempercepat respon pertumbuhan tanaman katuk dapat diberikan ekstrak bawang merah dengan konsentrasi 75%, misalnya dibuat dosis 375 gr bawang merah / 500 ml air.  Batang katuk yang hendak ditanam terlebih dahulu direndam dalam ekstrak selama 8 jam kemudian ditanam dengan cara ditancapkan ke dalam tanah. Percepatan pertumbuhan yang direspon yaitu percepatan tumbuh akar, tunas dan daun.

Fitria : vtreeaminivia@gmail.com