JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pelaksanaan Pendampingan SL-PTT tahun 2010

Ruang Lingkup Kegiatan
      Kegiatan ini meliputi berbagai aspek pendampingan PTT padi, jagung dan kedelai di 5 Kabupaten/Kota (Kab. Serang, Pandeglang, Lebak, Tangerang dan Kota Serang) sebanyak 2086 unit SL-PTT. Aspek yang menjadi fokus dalam pendampingan adalah : a) Sosialisasi dan koordinasi program b) Peningkatan kemampuan dan pengetahuan petugas lapang pendamping, c) Peningkatkan kemampuan dan pengetahuan petani penerima program SL-PTT , d), Implementasi demplot PTT padi, jagung, dan kedelai sebanyak 20 unit, E) Pendampingan di 60% total unit SL-PTT, F) Pelaksanaan Display/uji adaptasi VUB Padi, jagung dan kedelai di LL/SL-PTT/Non SL-PTT G) Monitoring dan Evaluasi.
      Implementasi Demplot PTT dalam rangka mendukung Laboratorium Lapang SL-PTT (LL SL-PTT), meliputi beberapa aspek yang menjadi fokus dalam diseminasi PTT yaitu (1) pengenalan varietas unggul baru padi, jagung dan kedelai, (2) pemupukan hara spesifik lokasi (3) penggunaan pupuk organik, (4) pengandalian hama dan penyakit secara terpadu, dan (5) pemanfaatan sumber daya lokal yang lebih optimal.

Pendekatan
      Kegiatan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi program pembangunan pertanian merupakan kegiatan diseminasi yang intinya adalah BPTP berperan sebagai pendamping teknologi sehingga 60% total unit SL-PTT mampu didampingi dan produktivitas dapat meningkat 15%. Pendekatan yang digunakan dalam hal ini meliputi berbagai kegiatan seperti penyelenggaraan koordinasi dan sosialisasi SL-PTT, pembentukan tim teknis SL-PTT, pembentukan liasion officer di tiap kabupaten, pelatihan, workshop, monitoring dan evaluasi kegiatan, menyelenggarakan demplot PTT, menjadi narasumber, pembuatan juknis, penyediaan sms center SL-PTT, penyediaan benih bermutu hasil Badan Litbang Pertanian untuk display/uji adaptasi VUB, dan lain-lain. Konsolidasi komunitas pelaksana SL-PTT di Provinsi Banten diarahkan untuk menggunakan fasilitas facebook.

Bahan dan Metode Pelaksanaan Kegiatan
a. Bahan
      Bahan meliputi sarana produksi, yaitu: benih padi, jagung dan kedelai, pupuk, pestisida dan bahan penunjang yang lain termasuk petunjuk teknis pelaksanaan SL-PTT dan buku lapang.
b. Metode Pelaksanaan
      Kegiatan Lokasi pendampingan SL-PTT terletak di 5 kabupaten/kota di Provinsi Banten dengan cakupan kegiatan seperti pada tabel berikut ini: 1. Pelatihan Petugas Pendamping sebanyak 660 orang, berikut ini adalah jumlah peserta pelatihan berdasarkan pendampingan komoditas dan jadwal tentatif pelaksanaan 2. Pelaksanaan pelatihan petani di tiap kabupaten/kota sejumlah 600 orang dilaksanakan bulan April – Mei 2010. 3. Pelaksanaan Demplot PTT padi jagung dan kedelai sebanyak 20 unit sebagaimana tercantum pada 4. Penyediaan benih untuk lokasi LL 5. Penyediaan bahan pendukung pelaksanaan pendampingan SL-PTT seperti juklak/juknis, leeflet, brosur, fasilitas facebook untuk komunitas pelaksana SL-PTT. 6. Pendampingan teknologi dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelaksanaan SL-PTT musim tanam April-Juni/Juli dan Oktober-Desember 2010. 7. Pengamatan Pengamatan hasil panen dilakukan secara ubinan 2 m x5 m, yaitu di lokasi SL-PTT sebanyak 2 ubinan panen, di lokasi demplot LL masing-masing varietas 1 ubinan panen (8 ubinan panen/lokasi) dan 2 lokasi di luar areal SL-PTT masing-masing 5 ubinan panen. Hasil gabah ditimbang dalam bentuk kering panen, hasil panen masing-masing dibandingkan dengan varietas yang diuji coba dalam LL. Selain itu hasil panen di LL dibandingkan dengan lokasi SL-PTT dan non SL-PTT.