JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Surat Kabar BERKAH

Edisi Nomor 351, Tahun Keduabelas, 8-15 Agustus 2012

Semakin mahalnya insektisida kimia dan beresiko negatif terhadap keseimbangan alam, insektisida nabati adalah alternatif yang paling tepat. Banyak bahan tanaman yang dapat digunakan sebagai insektisida nabati, salah satunya adalah tanaman mimba (Azadirachata indica A. Juss)

Tanaman mimba termasuk dalam famili Meliaceae. Tanaman ini merupakan tanaman asli Afrika Asia. Di Asia tanaman ini banyak terdapat di India, Burma, Cina Selatan dan Indonesia. Di Indonesia tanaman mimba dijumpai di Jawa dan Bali, terutama di sepanjang pantai utara Jawa. Pohon tanaman mimba dapat mencapai tinggi 20 m, tumbuh pada ketinggian 0-700 m dpl. Tanaman ini tumbuh baik di lahan kurang subur, berpasir dan berbatu serta di daerah beriklim panas dengan curah hujan kurang dari 500 mm per tahun.

Kandugan Bahan Aktif

Di dalam tanaman mengandung sekelompok bahan aktif yang disebut “produk metabolit sekunder” (secondary metabolic products), dimana fugsinya untuk berinteraksi atau berkompetisi, termasuk menjadi bahan untuk melindungi diri dari gangguan pesaingnya. Mimba terutama dalam biji dan daunnya mengandung beberapa komponen yang sangat bermanfaat dalam bidang pertanian (pestisida dan pupuk)

Bahan aktif yang ada diantaranya adalah azadirachtin, salanin, meliantriol, nimbin dan nimbidin. Mimba tidak membunuh hama secara cepat, namun mengganggu hama pada proses makan, pertumbuhan, reproduksi dan lainnya. Azadirachtin berperan sebagai ecdyson blocker atau zat yang dapat menghambat  kerja hormon ecdyson, yaitu suatu hormon yang berfungsi dalam proses metamorfosa serangga. Salanin berperan sebagai penurun nafsu makan (anti-feedant) yang mengakibatkan daya rusak serangga sangat menurun, walaupun serangganya sendiri belum mati. Meliantriol berperan sebagai penghalau (repellent) yang mengakibatkan serangga hama engan mendekati zat tersebut. Nimbin dan nimbidin berperan sebagai anti mikroorganisme seperti anti-virus, bakterisida, fungisida sangat bermanfaat untuk digunakan dalam mengendalikan penyakit tanaman

Manfaat dan Cara Kerja

Tanaman ini dapat digunakan sebagai bahan insektisida, bakterisida, fungisida, akarisida, nemasida dan virusida. Selain itu daunnya dapat digunakan sebagai obat malaria, bijinya untuk obat kudis dan sebagai pengganti makanan ternak. Cara kerja dari pestisida berbahan mimba ini adalah dapat berperan sebagai penolak, penarik anti feedant dan menghambat perkembangan serangga baik sebagai racun perut maupun racun kontak

Cara Pembuatan Insektisida Berbahan Mimba

Tanaman mimba dapat dipergunakan sebagai insektisida nabati dengan menggunakan campuran bahan lain seperti: serai wangi, lengkuas, gadung, sabun dan alkohol. Bagian tanaman yang digunakan adalah biji dan daun. Mudah-mudahan dengan ramuan dari bahan-bahan tersebut di atas dapat dijadikan sebagai solusi dalam pengendalian hama pada tanaman. Selamat mencoba, semoga berhasil.